KOMPARASI SUPERBIKE 1000CC TAHUN 2015 VERSI MOTORCYLE USA DAN MCN

Superbike Street Shootout

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara.

Mendengar kata moge apalagi motor kelas superbike, bikin hati bagai jatuh cinta pertama kali dengan pasangan anda. Perasaan bercampur aduk dan sebagainya. Akan tetapi penggunaan jalan umum di jakarta atau di daerah lain bisa dibuat kecepatan tinggi ? atau nyaman tidak pakai superbike ? Hmm.. kurang tahu penulis, lebih baik tanya ke komunitas pengguna moge saja yang ada di Indonesia.

Dan kali ini ada review superbike tahun 2015 versi Motorcycle USA dan MCN dalam youtube. Singkatnya adalah superbike terbaik pilihan masih jatuh kepada 2 motor yaitu Aprillia RSV4 dan BMW S1000RR sedangkan yang terbaik untuk pemula adalah Suzuki GSX1000R dan CBR 1000 RR SP, tengah tengah diantaranya yaitu kawasaki ZX1000RR, YFZ-R1 dan Ducati. Sayangnya MV Agusta belum dimasukkan. Untuk lebih jelasnya penulis sertakan dari 2 video dari Motorcycle USA (dilampirkan part 2, karena part 1 ada tp untuk menghemat tempat saja) dan MCN. Silahkan di buffer dahulu.

Semoga berguna kalau yang mau meminang kelas superbike.

Wassalam

About Dimzy101

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in intermezzo & inspirasi, motor and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to KOMPARASI SUPERBIKE 1000CC TAHUN 2015 VERSI MOTORCYLE USA DAN MCN

  1. Keren semua 😊

    Yg pasti overheat pak klau kena macet lama…kalau balik dari puncak biasa jdi tantangan.

    Utk sikon sperti di Jakarta lebih pas yg tipe sport tourer sperti ninja 1000 atau naked sperti gsx1000s, ducati 796 dll. torsinya mulai low rpm udh ada. Cocok utk jln yg bnyk stop n go nya.

    600 supersport karakter high revving. Torsi mulai narik di rpm 8000 keatas. throttle musti dibuka dan agak slip kopling kalau mau akselerasi cepat dari posisi stop di lampu merah.

    Kalau hypersport 1000cc memang dasyat powernya, sangat cepat.cocok utk di sirkuit bisa sampai rpm maks. Kalau di jalan biasa lebih baik jngn dicoba….dangerous 😁

    Liked by 1 person

    • abaydmz says:

      Iya yah om? Soalnya blum punya pengalaman naik moge, cuma berdasarkan pengamatan di sirkuit sentul aja.

      Like

      • Yg disayangkan ninja 650 – er6. Moge ekonomis, torsinya badak, kenceng, cukup irit konsumsi bbm nya. Low cost maintenance.mesin kokoh…tapi kurang bnyk peminatnya disini ya.

        Keadaan standard bisa 210km/ jam.

        Ninja 650 – er6 di luar negri cukup favorit di kelas middleweight entry level bike.

        Like

      • abaydmz says:

        Saingannya cb500 om, tp masiih kalah power yah. Jd pgm punya 🙂

        Like

  2. Spertinya power dan torsi lebih besar er6 dri cb500f.

    Er6 jambakannya manthap pak . Bisa di power wheelie pakai gigi 1. Di clutch wheelie dg gigi 2. Kebetulan udh pernah coba sy. Beberapa teman punya. Akselerasi 0 ke 100 km/ jm dlm 3.84 detik menurut majalah luar negeri

    Pendapat sy utk yg senang jambakan kuat, akselerasi cepat. Lebih bagus er6 dri pada ambil yg motor 250cc. Karena yg 250cc,walaupun sdh di bore up, porting dll. Power dan torsinya pasti tetap kalah cukup bnyk dg er6.

    Gampang di tuning up. Hrg seken skrng mungkin 75 jt an.

    Just opini aja pak

    Like

  3. Er6 standard power 71 hp di crankshaft atau sekitar 62 -63 hp di ban belakang. Yg penting torsinya, yaitu 64 Nm di 7000 rpm.

    Jdi gentakan torsi bawah – tengah nya cukup kuat. Kalau ganti full system exhaust bisa nambah power 6 – 7 hp lgi. Torsi nambah sekitar 3 Nm di mid range.

    Klau gak salah beda cuma 7 Nm dg torsi maks supersport ninja zx6. Torsi zx6 di rpm tinggi, klau er6 di rpm low – mid. Jdi lebih sesuai utk pemakaian city riding

    Like

  4. Bandit 400 diliat power dan torsi nya karakter mesin high revving. 59 hp di 12000 rpm. Torsi 38 nm di 10000 rpm. Walaupun belum pernah nyoba, tpi bisa di perkirakan torque band kisaran di 6000 rpm ke atas baru mulai ada tarikan.

    Biasanya mesin 4 silinder makin kecil cc nya, makin kecil jga torsinya. Maka itu motor 250cc lebih optimal performa torsinya dg 2 silinder. Motor 250cc 4 silinder kecil torsinya dan torque band muncul pd rpm tinggi. tdk efektif utk city riding yg jalannya pendek dan bnyk stop n go.

    Jga kebanyakan bandit 400 no paper pak, kurang aman dan nyaman bawanya 😁

    Like

  5. Utk city riding makin rendah torque band nya makin enak bawanya dan lebih kerasa tarikan mulai di low – mid rpm.

    Kebetulan pernah punya supersport gsxr750 k5. Karakter mesin balap. Torque band di 7000 rpm baru mulai galak tarikannya. klau lgi city riding di 5000-6000 rpm udh harus ngerem lgi karena lalu lintas ramai. Jdi kurang efektif utk dlm kota. Mungkin profil camshaftnya dg durasi dan lift tinggi utk ngejar VE power di rpm atas. Tpi gak efisien torsi low ke mid range nya.

    Like

Leave a comment