VVT Engine Game Changer Suzuki
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Salam bikers Nusantara,
Lihat youtube di Intermot 2016 peluncuran Suzuki GXS R 1000 sangat menarik pembaharuan elektronik dan segi power. Mengambil teknologi pengembangan dari MotoGP dan ada satu yang menarik penyematan VVT sistem yang mengubah bukaan waktu derajat noken as. Penyematan teknologi ini membuat kepribadian ganda si GSXR mengingat akselerasi dan topspeed bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan kondisi mesin di putaran bawah dan atas.
Simak videonya, meski kepotong maupun kurang bagus kualitas videonya. Uniknya peluncuran dibawakan langsung oleh Kevin Schwantz mantan pembalap Suzuki MotoGP.
Link Video (Versi Promo SUZUKI) via HP
Bagaimana Menurut kalian ?
P.S : Abaikan Muffler-nya 😀
Nendang di rpm bawah-tengah, brutal di rpm atas.
LikeLike
prediksinya begitu. Tinggal test drive unitnya kalau dpt test disini om hehehe
LikeLike
Iya nih mantap kayanya…best of both world. Mungkin hrga mirip sama ZX-10R 2016 460jt
jdi pengen pindah lgi ke motor bongkok hahaha. Cuma hga barunya bikin kesel makin mahal Pak.
LikeLike
Hehehe mantep om. Boleh donk icip2 test drive 🙂
LikeLike
Boleh Pak sip….nanti klau si ijo Z800 udh dituker
LikeLike
Amin. Ditunggu om
LikeLike
Btw bukannya masi tinggi power r1m kah zxrr kalau gasalah
LikeLike
Zx1000rr sepertinya om. Meski secata dyno masih megang bmw hp4
LikeLike
Jdi mungkin gxsr ini lebih ke handling ? Atau tautau torsinya lebih ajib karena vva itu ? Atau sensasi vva nya aja yg menarik ?
LikeLike
dengar katanya konfigurasi crossplane entah contra rotation atau bukan. plus VVT om bukan vva macam nmax, tapi bener2 VVT macam toyota. berubah derajat noken as salah satunya (bisa di noken In atau noken out). jadi efeknya sih kalau retard (mundurin) kena topspeed. Advance (majuin) kena akselarasi. begitu kira2 gambarannya
LikeLike
2017 GSXR1000 blum ada test dyno nya Pak di majalah.
Klu test dyno menurut majalah Performance Bikes paling kuat masih BMW S1000RR th 2016 yaitu 194,5 hp @ 12600 rpm (at the wheel). Ninja ZX10R th 2016 di 192,7 hp @ 12400 rpm (at the wheel)
Yamaha R1-R1M menurut majalah Fast Bikes 184 hp @13600 rpm (at the wheel)
Yamaha R1 crossplane crank 90 derajat memang sedkit underpower dibanding yg murni screamer 180 derajat flatplane crank.
LikeLiked by 1 person
Maksud ane on the crank hasil klaim masingmasing…
LikeLike
Tapi r1 milih kaya gtu apa karena lebih enak di handling ya ? Lebih jinak gitu ?
LikeLike
iya tp overall (satu paket keseluruhan) masih bagus ZX1000RR om. karena memang lagi bagus2nya kalau melihat tidak di dyno yah. jd kombinasi power + chasis handling terbaik saat ini ZX1000RR
LikeLike
Gixxer 1000 baru spertinya menonjolkan di VVT nya. Aplikasi pertama kali di supersport kelas 1 liter. Torsi bawah ke tengah lebih ngangkat dikombinasikan top end power. Jdi lebih efektif utk pake di jalan raya yg kebanyakan di rentang rpm rendah-tengah. Kmudian perangkat elektronik inertial measurement unit (gyroscope, accelerometer) mirip inertial platform yg ada di motogp. Tpi semua motor supersport 1000 cc terbaru skrng udh dilengkapi IMU.
Klau klaim pabrik at the crank gak jdi patokan Pak. Biasanya untuk pemanis marketing aja.
R1 dg crossplane grip ke aspal lebih efektif pas lgi buka gaz akselerasi. Terutama saat torsi mulai galak di rpm tengah. Traction control akan lebih ringan kerjanya dri yg screamer.
LikeLike
Pernah test ride R1 keluaran th 2010 udh crossplane punya temen di komunitas. Krena bukan punya sendiri jdi gak berani bejek gaz pas miring di tikungan untuk merasakan penyaluran torsi nya sperti apa. Apakah ban belakang masih gampang spin seperti screamer atau udh berkurang.
LikeLiked by 1 person
crossplane yamaha itu kalau gak salah tiap 90 derajat dianggapnya terjadi ledakan ya om ? bener gak ?
LikeLike
Antara crank journal beda sudut 90 derajat. Tapi firing intervalnya bukan tiap 90 derajat, melainkan 270-180-90-180 derajat. Mengikuti firing order piston 1-3-2-4 klau gak salah.
LikeLiked by 1 person
Beh berat ini bahasannya.. perlu waktu dan referensi sama sini biar bisa dicerna wkwk makasi om
LikeLike
@RichardGN : Sy jga Pak, masih belajar-belajar nih. Trims jga.
Klau seneng engine skarang source nya bnyk di internet, gak kaya jaman dulu.
LikeLike
Tinggal bahasa inggris semua jadi mumet ahahaha
LikeLike
heheh belajar terus om sampai liang lahat. jangan pernah berhenti.. itu yang buat kita hidup belajar terus. 😀
LikeLike
Gimana ya.. ane nya sendiri sih kalau liat tulisan bertumpuk banyak jadi cepet penat bacanya.. lebih suka artikel berseri yg bertahap, kalau satu artikel panjaaaaang gitu rada kurang enak ehehe selera sih
LikeLike
heheh gampang om, caranya biar baca panjang jd suka, baca buku satu aja, mau novel atau apapun yg isinya tulisan, dipaksa baca aja seharian sampai pedes , nagntuk matanya selama seminggu nanti kebiasaan bahkan nagih pengen baca terus. itu kebukti wkt kuliah dosen nganjurin kayak begitu. padahal dulu paling males baca panjang apalagi buku ga ada gambarnya sama sekali. 😀
LikeLiked by 1 person
Wah boleh nih dicoba. Tapi pernah nyoba gitu tautau bablas waktu -___-
LikeLike
emang begitu om. yg penting pedes mata plus ngantuk gara2 dipaksain. mumet deh otak sampai ngebul baca melulu
LikeLiked by 1 person
Yoi, gampang kok, minta translate guru bahasa Inggris, apalgi yang semok pasti cepet fahamnya wkkkk
LikeLiked by 1 person
Wahahahaha
LikeLiked by 1 person
Gixxer 1000 2017 kerenya VVT gak pake solenoid untk pindahin ke high rpm camshaft lobe. Dia pake sistim mekanis gaya sentrifugal me retard klep intake kalau masuk rpm tinggi supaya airflow terus lebih bnyk masuk ke cylinder, bangun pressure.
LikeLike
Iya tp teknisnya blum tahu om. Pengin jg liat lebih detail
LikeLike
Katanya di cam sprocket ada piringan (disc) dg slot yg di isi beberapa pelor. Begitu rpm makin naik, pelor terpengaruh gaya sentrifugal menekan menuju arah keluar menggerakkan sprocket supaya posisi retard. Rpm turun, per akan menarik kembali sprocket ke posisi semula. kalu gak salah cara kerja nya sperti itu.
LikeLike
Mirip puley depan motor matic donk om
LikeLike
Mungkin gitu kali ya,
Slot tempat pelor yg ada di camshaft sprocket sudutnya miring, slot yg di piringan satu lgi arahnya lurus. Jdi pas rpm tinggi, pelor lari ke arah luar menekan dan bersamaan memutar sprocket.
ada di : http://www.sportrider.com/inside-suzukis-variable-valve-timing
LikeLiked by 1 person
VVT sistim sperti ini lebih praktis dri pd model pake solenoid di Honda atau pake hydrolic. Cocok utk sportbike 150-250 cc supaya torsi bawah ke tengahnya lebih nendang lgi.
Tapi ini patent nya Suzuki ya
LikeLike
Iya. bisa saja di buat ke kelas 250cc utk suzuki. Jd bisa bersaing melawan kompetitor kelas 250 om
LikeLike