Mencoba Oli Langka FASTRON FULLY SYNTHETIC 0W50

Mendekati 10rb Km Penggantian Oli

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara,

Oli Mobil (PCMO) untuk motor matik bisa digunakan karena mesin matik tidak melumasi kampas kopling dan sederhana, hanya melumasi bagian bering kruk as, piston dan bagian atas noken as. Karena sederhananya makanya penulis menggunakan oli ini.

Perlu diketahui penulis menggunakan oli PCMO dengan kekentalan 0W50 yang menjadi pertimbangan agar menjadi “longdrain” alias penggantian oli yang cukup jauh. Awalnya khawatir karena kekentalan  SAE 0W50 tetapi setelah mencari pembahasan di forum oli PCMO/HDEO  penulis memutuskan menggunakan Pertamina Fastron Full Synthetic 0W50 (PFFS).

Mengingat bahan dasarnya  dari PAO (masuk ke grup IV) mampu stabil di suhu panas. Sehubungan penulis mengganti motor sekarang menggunakan Honda Beat FI ESP maka oli PFFS ini dimasukan ke mesin beat pada kilometer 1114 km yang tercantum di Speedometer (pada bulan April 2016) kemudia menempuh hingga 10823 km di speedometer melakukan penggantian oli pada tanggal 24 September 2016.

Lama juga penggantian hingga 6 bulan lamanya atau mendekati 10.000 km. dan bagaimana rupanya ? lihat gambar berikut. dari warna tidak terlalu hitam banget. karena masih agak transparansi. Dan perlu di ingat, secara riwayat servis motor dengan interval 2000km, biasanya penulis menggunakan service menggunakan semprotan Carbon Cleaner dan Injector Cleaner yang di semprotkan ke Throttle Body.

Ada sejumlah kekhawatiran karena penggunaan Carbon Cleaner suka mengubah struktur oli (sesuai dengan pernyataan di forum-forum PCMO/HDEO) sehingga usia oli lebih singkat. Namun setelah melihat ternyata oli Fastron 0W50 tangguh juga untuk penggunaan Carbon Cleaner.

Injector dan Carbon Cleaner

Sebenarnya target penggantian oli yang ingin digunakan adalah 12rb km namun karena sisa oli di botol sudah habis untuk menambahkan oli dan kelangkaan stok oli ini maka diputuskan untuk diganti pada kilometer 10823km. Secara kinerja baik sekali, meski pada awal penggunaan di awal 100-500km pertama sedikit berat selanjutnya lebih halus terutama kecepatan rata-rata 40-60km/jam. Dan fitur ISS (Idling Stop System) pada beat ini menolong kinerja oli disaat kemacetan. Karena ketika macet ataupun berhenti di lampu merah, otomatis mesin berhenti sehingga tidak membuat oli bekerja keras berbeda ketika mesin harus menyala terus maupun Stop-n-Go.

Sayang Kelangkaan Oli dan pihak Pertamina yang sudah menghentikan dan mengganti oli tersebut dengan varian produk Fastron Platinum dengan 2 tipe 0W40 dan 10W60. Akhirnya penulis menggunakan produk lain dengan varian kekentalan yang mendekati atau sama.

Peringatan : Penggantian oli bukan standar rekomendasi pabrikan menyebabkan Garansi Gugur atau dapat merusak mesin. Penulis menggunakan Oli ini sudah memperhitungkan RESIKO tersebut. Jika ada pengguna tidak nyaman maka sebaiknya mengikuti anjuran/rekomendasi Oli Pabrikan serta interval penggantian Oli tersebut.

Semoga Bermanfaat

About Dimzy101

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Mencoba Oli Langka FASTRON FULLY SYNTHETIC 0W50

  1. Mantap nih Pak.

    Full synthetic memang akan lebih irit juga full protection

    Like

  2. are wege says:

    Allhamdulilah ane coba fastron gold 5w30, di scoopy fi.. sm awal agak berat. Tapi lama2 maknyossssss

    Like

Leave a comment