MOTUS-KATECH V4

Mesin Motor Citarasa HOTROD !!

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara,

Mengenal mesin Hot Rod pasti sudah tidak asing. Mesin-mesin kategori “Muscle Car” yang mempunyai kapasitas mesin besar, dan konfigurasi minimum 6 silinder hingga 12 silinder bertipe mesin V. Salah satu keunikan mesin Hot Rod biasanya menggunakan tipe Push Rod untuk menggerakkan klep in dan out.

 

Mesin Hot Rod

hrdp-1109-072bv4-motorcycle-enginehrdp-1109-092bv4-motorcycle-engineMesin Hot Rod sangat digemari di negara Amerika, dan menjadikan ciri khas dimata penggemar mobil mobil muscle car ala amerika. Dan di Indonesia sendiri sebenarnya ada penggemar seperti ini. Namun sedikit terekspos. Keunikan mesin Hot Rod selain kapasitas besar dan mesin tipe V umumnya dan mempunyai lebih 6 silinder adalah penggunaan PushRod dan kubah ruang bakar dengan 2 klep. Keunikan ini menjadi hati tersendiri dikalangan pecinta HotRod.

Wah Pelanggaran HOT ROD Ini !!

Tak selamanya Hot rod harus di muscle car ala mobil Amerika. Dan ada aturan dimana “HotRod doesn’t do Motorcycle“. Namun akhirnya Pelanggaran aturan ini terjadi dan sudah ada contoh mesinnya. Dan Mesin Motor itu Bernama Motus Katech V4 yang terinspirasi oleh mesin Hot Rod (paling utamanya), mesin Honda dan Ducati bertipikal V-Engine. Serius pelanggaran berat..😀

Motus Katech V4

Birmingham Motorcycle Co.di kota ALabama, sedang mengembangkan premium sport-touring bike yang dikenal Motus. Di projek oleh 2 orang enterpreneur muda Lee Conn dan Brian Case dengan projek ambisius untuk mencapai tahap produksi masal. Dimana target yang mereka inginkan ditujukan pasar pengguna antusias pecinta muscle car dan Harley.

Pengembangan diambil melalui pengalaman dari mesin LS (biasa digunakan mesin mobil Chevrolet) dan menggunakan V4 silinder berdasarkan Perusahaan Katech Inc., di Michigan, Clinton Township. Tidak tanggung-tanggung mesin Motus mempunyai konfigurasi bore x stroke yaitu 86,5mm (3.4055 inci) x 70mm (2.7559 inci) dengan total kapasitas 1645cc (1,645 liter) atau diatas 100 kubik inci. Proyeksi tenaga yang ditargetkan adalah kisaran 140hp dengan 140 pon berat mesinnya.

Mesin Motus ini tidak main-main sudah disematkan teknologi terbaik yaitu GDI alias Gasoline Direct Injection. Dimana bensin langsung disemprotkan diruang bakar tanpa melalui saluran intake. Untuk otak pengatur GDI dipercayakan oleh Magneti Marelli. Lebih gilanya pengembangan mesin dibantu oleh desainer insinyur mesin F1 Geoff Goddar dari Costworth dan TWR.

Bang-Bang..!!

2-10-2016 12-42-23 PM

Begitulah ungkapan pengembang mesin ini. Kayl menyebutkan bahwa mesin Motus mempunyai mesin V dengan sudut 90 derajat dan sudut Kruk As 75 derajat. Seperti mesin konfigurasi V eksotis motor Ducati dan Honda, menggunakan firing order berjenis Bing Bang. Dimana Penggunaan sudut mesin V 90 derajat dan sudut kruk as 75 derajat maka urutan pengapian TDC atau 0 Derajat, lalu 345 derajat, 435 derajat dan 630 derajat.

… However, the two shared crank throws are 75 degrees apart, instead of 90 or 180 degrees. So the firing sequence goes like this: TDC or 0 degrees, then 345, 435, and 630 degrees after TDC. In other words: bang-bang…wait…bang-bang … (hotrod.com)

Alasan penggunaan ini didasarkan bahwa ada beberapa unsur dari pulsa (ledakan berurutan) silinder tidak merata secara radikal ini, menjadikan keterikatan antara pengendara dengan mesin. Dimana ada rasa getaran, resonansi dan pulsa yang menjadikan ciri khas mesin tersebut.

One thing about working for HOT ROD is that, eventually, you get to break every rule. Here’s the violation for this month: HOT ROD doesn’t do motorcycles. Oops. Our excuse for stretching the editorial envelope this time around is that the Motus-Katech V4 has four-wheel genes. (Hotrod.com)

Jadi Mesin Motor bercitarasa HotRod.. hmmm.. apa rasanya yah jika dikendarai ??

Semoga Bermanfaat

sumber : hotrod.com

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in intermezzo & inspirasi, motor and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to MOTUS-KATECH V4

  1. bener2 old school ini mah ya….posisi camshaft nya masih di blok mesin, pakai pushrod utk gerakin valve in/ex nya.

    Like

  2. RichardGN says:

    Bing-bang atau big bang ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s