INTAKE TUNNEL RAM
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Salam bikers Nusantara,
Meningkatkan Horsepower tapi menggunakan long runner intake (intake panjang) ? Tentu ini bisa dilakukan dengan beberapa syarat yang mesti dilakukan penyesuaian dibagian throttle body (baik karburator maupun injeksi).
Hal ini dilakukan oleh Tuner di Luar Negeri, yaitu percobaan di Westech California dengan sponsor utama Oli AMS. Dimana menggunakan mesin Chevy 400ci (400 Cubic Inch) kalau di konversi ke liter di angka kisaran 6,5liter kapasitas mesin. Wow Besar sekali.!! pasti bensinnya 1:10 tuh. Eits bukan 1 liter berbanding 10 km, tapi 1 liter buat berjalan 10 rumah sepertinya. 😀
Kembali ke topik, penggunaan mesin 400 kubik inci konfigurasi V8 menghasilkan tenaga di angka HP 507,7@5900rpm; Torsi 504@4300rpm. Kalau kita melihat masih menggunakan intake jenis standar umum part balap.
Ada 3 intake yang digunakan dengan panjang normal dan merata panjang intake runner dan besar ukuran plenum (tembolok setelah karburator) yang normal. Ditengah-tengah ada short intake runner atau ukuran pendek leher intake dengan kombinasi 1 dudukan karburator dan plenum ukuran besar. Sedangkan yang terakhir adalah Intake Tunnel Ram dengan ciri khas runner intake panjang berbentuk jatuh (downdraft) dengan plenum mengikuti searah runner dengan 2 konfigurasi 2 karburator yang juga didesain lebih downdraft yang highflow ramming air (dikatakan kecepatan aliran udara yang berkecepatan tinggi dan bertekanan tinggi).
Setelah intake tunnel ram bisa menghasilkan Horsepower dan Torque yang meningkat tanpa adanya pengurangan dikisaran putaran mesin. Tentu kita melihat biasanya penggunaan intake yang panjang maka terjadi penurunan “peak HP” di putaran mesin meskipun terjadi kenaikan HP dan Kenaikan torsi yg signifikan. Hal ini berbeda dengan adanya penambahan syarat airflow yang cepat dan lebih downdraft bisa meningkatkan tenaga mesin dengan putaran dikisaran yang sama.
Menarik jika hal ini digunakan untuk kendaraan motor yang intake cukup panjang pada kendaraan motor. Monggo dicoba bagi yang suka modifikasi. Awas entar kena 24juta Rupiah di tilang.. 😀
N.B : masalah sponsor dan adanya kejadian berjudi mohon di abaikan yah. Penulis sebenarnya ingin memberikan penulisan akan penggunaan panjang intake bisa meningkatkan tenaga mesin dengan kisaran putaran mesin sama / lebih.
Link Aslinya (hp disini gan)
Semoga Bermanfaat untuk meneliti kembali di dunia balapan resmi.
sangar pak….mesin oldschool V8 😀
LikeLike
Iya serem suara knalpot. Mesin hot rod
LikeLike