MESIN 6 LANGKAH (6 STROKE ENGINE)

MESIN LANGKA

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara,

Injeksi Air (Water Injection)

Dalam mesin ruang bakar (Internal Combustion Engine) ada dikenal  Injeksi Air (water injection) ada dikenal dengan Anti-Detonant Injection. Secara umumnya adalah upaya pemasukan uap air melalui injeksi ke mesin baik melalui pencampuran udara-bensin (fuel-air mixture) dengan tambahan air kedalam silinder mesin, yang berguna untuk mendinginkan bagian titik panas mesin yang dapat menyebabkan pembakaran dini (premature ignition) atau bisa dipahami anti-knocking engine.

Dalam sejarah penggunaan ini dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin penerbangan saat melakuak pertempuran udara (dogfight) maupun lepas landas (takeoff). Namun akhir akhri ini telah dilakukan dalam ajang motorsport dan dragracing. Keunggulan ini lah yang sekarang digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi detonasi (knocking) digunakan dalam mesin yang menggunakan supercharger atau turbocharger.

Namun penggunaan Water Injection juga mempunyai batasan-batasan. Karena sifat air yang membuat mesin korosi khususnya material logam. Jika terjadi kesalahan program ECU mencampur, atau kerusakan pada sistem injeksi air dapat menyebabkan kerusakan layaknya Water Hammer pada mesin kendaraan.

Penggunaan Water Injection juga sedang dikembangkan oleh pihak BMW. Dengan melakukan serangkaian percobaan prototype hingga sudah dimasukan kedalam mesin BMW Seri 1 dan  BMW M4 MotoGP Safety Car. Untuk Artikel penuh silahkan ke gizmag.com

Korelasi Injeksi Air (Water Injection) dengan Mesin 6 Langkah.

Di dunia ini mengenal mesin 2 langkah (2 Stroke engine), 4 Langkah (4 stroke Engine), Radial Engine, Rotary Engine, Jet Engine dan sebagainya. Tapi untuk yang satu ini 6 Langkah yang sangat unik sistem kerjanya.

Sempat melihat di mechanical-engg.com terdapat mesin 6 langkah yang menggunakan sistem water injection. Berikut gambarnya :

gallery_53_131_19111-6strokeDisini kita melihat layaknya 1 – 4 langkah adalah sama seperti mesin 4 tak. Perbedaannya ketika akhir langkah ke 4 yangs seharusnya gas panas hasil pembakaran tidak dibuang, akan tetapi di re-compression dan pada saat TDC (Top Dead Center) kembali baru di injeksi dengan air. Disini menjadikan Heat (panas) diubah menjadi tekanan (pressure) untuk melakukan langkah ke 6 sehingga dibuka katup keluar untuk membuang pressure (tekanan).

Cara ini menjadikan penurunan panas mesin sehingga tidak menjadikan knocking ketika dimulai siklus awal kembali. Dan terjadi fuel economy (penhematan bahan bakar) serta penurunan emisi  seperti yang dijelaskan dalam situs wikipedia

Fuel economy can be improved with water injection. Depending on the engine, the effect of water injection, with no other modification, like leaning out the mixture, may be quite significant.[1] In some cases water may also reduce CO emissions. This may be attributable to the water gas shift reaction, in which CO and H2O shift to form CO2 and H2.[1] However, water may also increase hydrocarbon emissions, possibly due to an increased quenching layer thickness …

Namun untuk gambar langkah mesin ini bukan mencerminkan sistem water injection BMW, karena dari sumber gambar tidak diberi keterangan untuk mesin apa. Hanya saja konsep ini digunakan sebagai alternatif cara penggunaan Water Injection.

Semoga bermanfaat, tetap semangat untuk belajar.

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in aplikasi, intermezzo & inspirasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to MESIN 6 LANGKAH (6 STROKE ENGINE)

  1. mantep pak….water/methanol biasa dipakai di mesin sport compact turbocharger….utk high boost nge drag. merk AEM, auquamist

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s