UJI OLI (SESAT) SHELL HELIX HX8 5W30 DI VARIO TUA

SHELL HELIX HX8 5W30 DI VARIO 110 CW

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara,

Servis Log
Sehubungan pakai Oli Sesat, penulis lagi mencoba di Motor Vario 110 CW dengan menggunakan oli Shell HX8 5W30. Dengan indikator motor sebelum menggunakan oli Shell, sebagai berikut :

  • Kendaraan Tahun 2008 dengan pemakain hingga Km 77549.5
  • Overhaul (turun mesin) dengan penggantian piston + ring piston tanpa oversize di Km 77549.5 (tgl 16 agustus 2015)
  • riwayat oli sebelumnya terakhir menggunakan oli Deltalube SAE 30 (single grade) pemakaian selama 1,5tahun lamanya + 3 bulan Oli Federal FLICK 10W30 (masa puncak haus oli setiap minggunya)

itu sekilas riwayat servis motor penulis, meski tidak komplit, namun memberikan gambaran yang umum saja. Penulis sebenarnya baru mengetahui ada grup di FB atau kaskus. Penulis baru mengetahui penggunaan oli diesel (HDEO) ataupun oli mobil (PCMO) untuk motor baru baru ini. Padahal sebelum membaca ternyata sudah menggunakan oli jenis Deltalube (oli khusus traktor/diesel sebenarnya) dengan  grade tunggal SAE 30😀 .

Turun mesin dilakukan akibat peristiwa itu mulai terjadi penurunan oli yg drastis hingga terkadang oli turun hingga 10o ml per minggu. Puncaknya adalah 3 bulan terakhir (Mei, Juni, dan Juli) motor mulai haus oli seminggu bisa sampai hilang 40-50persen. Akhirnya dibulan agustus 2015 mulai turun mesin sekalian mengecek selama 2008 hingga 2015 atau dalam kisaran 7 tahun penggunaan. Awalnya prediksi gasket melemah, sil kruk as semacamnya yang menjadi biang keladi pengurangan oli secara drastis. atau sil klep tetapi tidak menimbulkan asap putih baik itu putaran rendah maupun tinggi.

Akhir kata motor overhaul (turun mesin) dan setelah dicek ternyata cukup kaget blok silinder tidak ada baret dan ruang bakar tidak banyak penumpukan kerak sisa pembakaran. Tentu ruang bakar bersih tidak terlepas dari penggunaan bensin sekelas Pertamax 92 ataupun Shell super 92 maupun total performa 92 (maklum penulis suka isi apa saja selama oktan 92) dan untuk blok silinder tidak baret hal ini tidak terlepas dari faktor oli yang bagus serta penggantian yang rutin 4000km serta tidak mengganti-ganti merek oli. Serta terjadi pelemahan ring oli piston yang menjadi penyebab banyaknya kekurangan oli. Berikut penampakan gambarnya saat overhaul :

piston 1 piston 2 piston 3ruang bakar 2ruang bakar 1

OLI SHELl HX8 5W30 
Setelah Overhaul Penulis sekalian ingin mengganti mengunakan oli Shell HX8 5W30. dan segera saja menggunakan oli ini. Setelah masa Break-inUntuk Oli Shell kali ini penulis menggunakan UOC atau dikenal Used Oil Analysis di laboratorium Sucofindo. Berdasarkan pembicaraan via email dengan teknisi lab Sucofindo, maka hasil lab disesuaikan dengan TDS Shell produsen oli tersebut. Berikut data sheet-nya yang sudah saya ringkas :

TDS SHELL HELIX HX8 5W30

Technical Data Sheet update tahun 2015

Untuk hasil analisa lab oli bekas dengan interval penggantian 1000Km, sebagai berikut :

HASIL LAB - 07526 - 0673 SHELL AKBAR_001

Untuk Oli Bekas pemakaian 1000km setelah overhaul dan masa break-in :

oli bekas shell  oli bekas shell 1

Dan untuk Ringkasan yang di buat oleh penulis sendiri sebagai berikut ada di tabel dibawah ini. 

Dari data ini terlihat terjadi penurunan nilai berdasarkan Data TDS dan UOC penggunaan 1000km. Ada penurunan angka yang lumayan lah, karena ini masih satu data diinterval 1000km, jadi mau menunggu interval 4000km untuk UOC saja untuk data pembaharuannya. (ada dari grup PCMO/HDEO yang bisa membantu analisa kesimpulan data diatas ?)

Sejauh ini impresi penggunaan oli dengan SAE 5w30 mesin lebih halus dan kalau ngebut udah ga terasa itu suara mesin, sedangkan baca di fb grup HDEO/PCMO ada sebagian yang mengatakan suara mesin lebih kasar. Kalau dalam penggunaan sehari-hari justru semenjak penggunaan oli 5W30 malah suara Puli CVT belakang vario sekarang yang kasar. Maklum belum servis dengan penggantian laher puli dan pemberian gemuk CVT 

Akhir kata penulis tidak merekomendasikan penggunaan Oli PCMO / HDEO apalagi masih banyak perdebatan di dunia maya sehubungan penggunaa oli ini. Penulis hanya memberikan gambaran sekilas saja dari data meski sedikit tanggung yah.

Yang pasti Apapun penggunaan OLI motor anda, pakai dengan teratur dan sebisa mungkin tidak mengganti merek. Jika pakai oli motor rekomendasi sesuai pabrikan untuk penggantiannya. Jika pakai oli mobil/diesel silahkan main ke grup PCMO/HDEO untuk rekomendasi oli yang terbaik. Penulis memang menggunakan ini untuk lebih long drain interval dan halus mesin dengan menggunakan oli PCMO.

RISIKO DITANGGUNG SENDIRI pakai OLI SESAT. heheh😀

Semoga bermanfaat,

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in aplikasi, motor and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to UJI OLI (SESAT) SHELL HELIX HX8 5W30 DI VARIO TUA

  1. Baru tau kalau ada penganut oli aliran sesat pak 😃

    Like

  2. Dengan gejala oli aus tersebut apa sebelumnya terlihat agak ngebul di exhaust pak?

    Like

    • abaydmz says:

      engga ngebul malahan. Ada tanda didrat busi kalau ada leleran oli tapi dibagian atas kebakar sempurna. pas bongkar sil kruk as dan magnet rembes kecil dan sil klep rembes kecil jg. Tp kelihatan dari pistonnya oli kebakar begitu di dkt ring oli sama bagian batok dalam piston. Sedangkan batok atas piston oli kebakar tp sedikit basah. aneh itu ruang bakarnya😀

      Like

  3. Topan says:

    Pengambilan UOA sebaiknya ambil wear test juga, labnya jangan SUcofindo ya gan,, ambil intertek aja karena Corelab sdah down

    Like

  4. Rusdi Cecep says:

    KVnya lumayan sekali anjloknya, dan kalau bisa uji Wear test juga dan aromatik… mas coba pakai lab lain saja yang punya ASTM Proficiency test seperti Intertek dan Corelab

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s