Alternatif Piston Forging Honda CB 150 R / Sonic 150 R (K15G)

Cari Piston Forging Honda Sonic 150 R

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara

Sonic 150rPanas dan terus panas masalah kemunculan Sonic 150 r. Ada yang bilang tanggung, ada yang bilang cukup, ada yang bilang “WT….” anda tahu lah maksudnya..😀.

Ketika masalah performa pun menjadi suatu kontroversi tersendiri bagi kalangan bikers Indonesia, hmmm.,  seperti yang disebutkan sebelumnya pasti masalah DOHC atau SOHC lah, Overstroke vs Overbore vs Square Engine segala komentar pasti ada dari yang ahli, sekedar tahu hingga fanatik merk.

Tetapi dari semua artikel yang telah muncul di blog maupun website penulis akan membahas sisi suku cadang performanya khususnya piston. Salah satu yang menarik dari Sonic 150 R dengan Cb 150 R facelift (K15G) -> ditelusuri dari blog om Taufik -> TMCBlog. Kenapa bisa honda menggunakan mesin Square engine (Diameter piston = Langkah piston) minimal hampir sama meski ada perbedaan di belakang koma. Melihat speknya tertulis 57,3mm x 57,8mm. Melihat nilainya minimal hampir sama meski ada perbedaan angka di belakang koma yaitu 0,3mm dengan 0,8mm.

Nah yang menarik adalah langkah (stroke) piston mencapai 57,8mm seberapa yah limit piston speed. Karena salah satu untuk menaikan Horse Power sebuah mesin adalah menaikan rentang putaran mesin (RPM) lebih tinggi dengan batasan-batasan Limit Speed Piston itu. Kalau mau tahu monggo silahkan referensi di Google, Bing, Yahoo atau duckduckgo atau di website wizard ini salah satu referensi saja. Bisa yang mana terserah anda yang penting tetap belajar untuk mengetahui. Mau belajar serius juga boleh.. heheh

Kembali ke Topik., pembahasan kenapa bisa ya ASTRA HONDA MOTOR buat spek mesin seperti itu. di honda saya kurang tahu, tapi potensi cukup bisa diandalkan dalam perhitungannya. Untuk perhitungan monggo mampir di blog om Motogokil untuk versi stroke up dari cb150r generasi awal yang di tune up oleh om Sena Ponda dan ditulis oleh blog om motogokil juga ada (klik link ini -> El diablo CB150R) sebagai gambaran, sebagai referensi karena ada perhitungan juga kalau di atas kertas maupun aslinya (khusus El Diablo yah)

Piston Limit Sonic 150 ROke Kita Melihat Limit Speed Piston si mesin Sonic 150 r dan jika memang benar CB 150 R facelift terbaru juga sama, biasanya berbeda dalam red line aja. Dengan stroke 57,8mm maka dapat penghitungannya sesuai gambar di samping kanan ->

Ideal limit Speed Piston itu mendekati 21 m/s. Kebanyakan produk OEM dengan tipikal piston cetak ( Casting Piston) khususnya honda terbaik dikisaran 17 m/s hingga mendekati 21 m/s (bukan lebih 21 m/s). Kalau melihat Sonic Redline 9.500 Rpm, tentu masih batas aman. Dan jikalau menggunakan piggyback dengan fasilitas pengubah limit putaran mesin atau ECU pihak ketiga, tentu anda bisa menaikan hingga batas 10.750 rpm, tetapi sebaiknya di 10.500 rpm jika boleh di rekomendasikan.

Untuk meningkatkan Piston Speed, bisa menggunakan piston jenis Forging. Dan biasanya karakter kekuatan Forging Piston didesain mendekati 25 m/s. Sebagai salah satu referensi saja di maximum-piston-speed, monggo bukan jebakan betmen link-nya. :p

Pertanyaannya adalah loh kalau mau naikin speed piston berarti harus cari yang mana ? motornya aja belum keluar udah mau cari suku cadang performa ? Memang kalau melihat merek ada banyak forging piston dari Kawahara, CLD, Daytona, UMA, bahkan sekelas piston Wiseco, JE, dan sebagainya. Tapi belum ada yang keluarin.  Dan menarik garis benang merah tuning ala Om Sena Ponda (El Diablo dengan Power 38.9 Hp @12500rpm). Ingat ini ada bore up dan stroke up. Yang kita lihat adalah variabel putaran mesinnya. kalau di hitung stroke up el diablo 57,2mm di batas 12500 rpm maka speed limit piston mencapai 23.8333 m/s. Wow pasti sudah berbahaya pakai piston stamdar OEM, harus menggunakan piston jenis Forging.

piston wiseco type hondaLalu Sonic sendiri pakai 57,8mm untuk langkahnya sedangkan piston 57,3mm susah untuk mencari ukuran tersebut. Memang saat ini belum diketahui ada jual, begitupula dengan diameter PIN PISTON itu sendiri belum diketahui. Tetapi jika ingin mencari Piston jenis yang sama silahkan menggunakan referensi Honda CRF150F tahun pembuatan 2003-2015. Karena kebetulan iseng browsing ternyata penulis melihatnya spek CRF150F sama persis dengan Honda Sonic 150 R di katalog piston Wiseco, perbedaannya yaitu CRF150F masih berpendingin udara (air cooled).

Lah ternyata ini bisa jadi solusi sementara untuk memberikan gambaran saja tetapi piston ini ukuran tersedia 57,50 mm , 58,00 mm dan 58,50 mm sedikit di boreup tapi ga ekstrim bgt. Lumayan lah buat mencari sementara piston forging (sebaiknya rentang speed psiton dalam ukuran 22m/s karena itu untuk kategori Racing Endurance). Tapi jangan kaget lihat harganya yah tembus 128 USD, heheheh, belum lagi sama tidak pin pistonnya. Jadi harus dapat sampel piston Sonic 150 R /CB 150 R facelift.

Mudah-mudah ini dapat membantu jika ada yang tertarik meminang motor Sonic 150 R di bulan Agustus 2015 nanti. Dan untuk melihat katalognya silahkan mampir ke website wiseco.

Semoga Bermanfaat, Wassalam

 

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
Image | This entry was posted in aplikasi, motor and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Alternatif Piston Forging Honda CB 150 R / Sonic 150 R (K15G)

  1. Kalau speed sdh 23m/dtk, bagusnya pakai forged con- rod jga kali ya? ..untuk mencegah con- rod memanjang (stretch) di rpm tinggi. Piston bisa mentok dg klep

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s