KOMSTIR LAHER SETANG KEMUDI VARIO 110 CW

Ganti Komstir Model Laher

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara

IMAG0034

Bagian bawah laher komstir

Komstir memang terkadang menyebalkan jika sudah kemakan (istilahnya kena/aus). Menyebabkan setang motor berasa ban masuk got kecil jadi susah berbelok, keras dan tidak nyaman dalam kondisi sehari-hari. Penggunaan dikeraskan/dikencangkan baut pengunci pada komstir biasa diterapkan pada motor balap terutama pengguna motor bebek/matic balap. Selain murah juga mudah disetelnya, karena tanpa perlu menggunakan steering damper.

Untuk Penggunaan sehari-hari sangat tidak menyenangkan karena khususnya dijakarta jalan yang sempit, macet tidak nyaman harus membelokkan setang motor hingga mentok terkadang. Dan kerasnya pengencangan komstir sangat tidak di rekomendasikan untuk kecepatan rata-rata dibawah 40 km/jam. Jalan seperti orang mabuk/linglung yang mengemudikan kendaraan roda dua.

Hanya sempat di dokumentasi foto laher ini saja

Bagian atas komstir laher || Hanya sempat di dokumentasi foto laher ini saja

Sebenarnya ini penggantian komstir model laher (bearing) yang kedua kali setelah pemakain 4-6 bulan. Yang heran kenapa bisa lebih cepat aus-nya dibandingkan dengan pemakaian teman penulis di motor grand dan nouvo yang sampai 1 tahun lebih tidak ada kendala.

Setelah di telisik alias dibongkar kembali, ternyata kesalahan pada rumah dudukan komstir model bearing terjadi pembentukan cekungan (lupa belum di foto sebagai referensi). Ditambah adanya kekeringan gemuk (grease) yang sudah kering. Namun sebenarnya masih bisa di amplas sedikit penggunaannya, sehingga bisa mulus meski tidak sepenuhnya sempurna seperti baru.

Tapi untuk kali ini akhirnya diputuskan untuk mengganti baru dengan catatan sebelum dipasang, rumah bearing diberikan oli untuk melumasi sela-sela lalu kemudian di berikan gemuk (grease) khusus untuk kategori extreme preassure (gemuk digunakan pada tekanan tinggi). Ternyata yang buat cepat kering dan terbentuk cekungan dirumah laher yaitu gemuk tidak di desain untuk gemuk bertekanan tinggi. Biasanya gemuk pada penggunaan roda 4 alias mobil di bagian laher roda. Akhirnya diputuskan membeli gemuk SGO asli suzuki untuk mobil (biasa dipakai untuk laher roda/rumah bearing dudukan laher bawah sebelum dkt power steering di setir mobil) cukup efektif hingga sekarang belum ada kendala.

Dan sebaiknya jangan dibawa untuk penggunaan ekstrim dalam hal ini menghajar lubang. Karena memang sempat 6 bulan belakangan motor sering dibawa keluar kota melewati jalan yang lubangnya cukup besar (maklum kejar setoran menuju lokasi). Lebih baik berjalan perlahan khusus didaerah jalan berlubang.

Jadi penggunaan didalam kota sudah cukup baik untuk penggunaan komstir model bearing (laher) dan kedua penggunaan gemuk disain untuk bertekanan tinggi itu penting agar keawetan terjaga.

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in motor and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to KOMSTIR LAHER SETANG KEMUDI VARIO 110 CW

  1. Iskandar H says:

    Mas, jika boleh bertanya itu tapper bearing ya? Motor saya yamaha mio 5 thn pemakaian udah gejala gledek2x komstir bawah. Rencana mau pakai yg jenis tapper bearing cuma tidak tau kode/ukurannya. Bisa bantu mas?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s