Efek Tutup Tangki Bensin Vario 110 CW

Tutup Tangki Bensin Usia Senja

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara

Pernah mengalami motor mogok seolah bensin tidak pernah habis ? Padahal ketika dicek bensin masih penuh dan baik. Setelah mengecek pengapian dan kompresi ketika di selah masih ada api di busi maupun di selah sedikit lebih berat (karena ada fitur dekompresi -red).

Ketika penulis sedang mengendarai seketika mogok seolah tidak ada kompresi. Sangat mengejetukan mengingat rutinnya servis kendaraan dan pengecekan yang cukup baik. Namun namanya motor sering digunakan dan lama-kelamaan ada saja yang mulai rusak. Mogoknya ini setelah di cek pengapian masih ada api di busi dan bensin masih penuh di tangki, ada kejanggalan jangan-jangan motor overheat (kepanasan) yang disebabkan kurang maksimal pendinginan air radiator, tetapi di cek juga masih banyak  air  dan cadangan air (reservoir) radiator.

Bingung setelah menunggu 10 menit lamanya baru bisa dinyalakan persis seperti motor overheat yang mana tidak sampai menyebabkan piston macet. Pernah tanya sumber masalah ke bengkel masih belum menemui titik temu.

Gejala yang sering ditemui adalah :

1. Setelah mengisi bensin penuh, digeber maka terasa mesin teriak lebih mudah hal ini bensin mulai sedikit masuk ke karburator (padahal Keran Vakum bensin sudah diganti beserta selang tidak ada kebocoran).

2. Setiap habis berhenti lama, lalu di panaskan 2-5 menit, kemudian di jalankan pas ketika di putaran tinggi seolah brebet (tersendat-sendat). dikiranya adalah kurang naik pilot jet maupun main jet. Padahal masih setingan standar pabrik jadi tidak wajar.

Akhirnya setelah 6 Bulan lamanya baru ketahuan penyebabnya. Diketahui penyebab utama adalah Tutup Tangki Bensin ketika mau bersihkan tangki bensin. Pada saat mencoba model kran bensin putar manual bukan vakum di tangki, lalu dimasukan ke bensin dan dibawa jalan masih mogok juga. Dan ketika servis bersihkan tangki baru ketahuan bahwa pas kuras bensin dengan kondisi tutup tangki tertutup lama kelamaan bensi tersendat. Penulis pikir bensin sudah habis, namun pas buka tutup tangki langsung mengucur itu sisa bensi setengah lebih isinya melalui selang bensin.

Ternyata di tutup tangki ada lubang pernapasan ini yang menjaga agar tekanan lepas seperti tutup dibuka jadi bensin bisa mengucur, namun lubang tidak besar agar tidak terjadi penguapan berlebihan sehingga habis karena menguap bensinnya.

tutup tangki aftermarketWah ternyata ini penyebabnya, Akhirnya di beli tutup tangki aftermarket aja bukan yang original karena banyak lubang pernapasan dan berikut penampakan tutup tangkinya yang baru dibeli.

Kenapa penulis memilih tutup ini, karena ada dua lubang pernapasan dan kalau masih kurang juga masih bisa dilepas penghalang (pemecah jalur udara) berbentuk huruf Y kecil. Untuk lebih jelasnya ada penampakan galeri berikut ini.

IMAG0012 IMAG0013 IMAG0014 IMAG0015 IMAG0016 IMAG0017

Jadi jika punya masalah yang sama, silahkan cek juga tutup tangki bensin mulai mampet tutup tangkinya.

Semoga Bermanfaat.

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Efek Tutup Tangki Bensin Vario 110 CW

  1. Hehehe joss bro artikelnya…. Jika untuk injeksi sama enggak lek…

    Edian….kredit motor honda di jatim sekarang tanpa dp….!!
    http://cicakkreatip.com/2015/04/18/edian-tenan-ki-di-jatim-beli-motor-honda-secara-kredit-sekarang-bisa-tanpa-dp-gan-dp-rp-0/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s