Bocor.. Bocor.. Oli ku Bocor..!!!

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam bikers Nusantara,

Weleh.. kok bocor..?? Suatu ungkapan rasa kaget ketika melihat motor terdapat tetesan oli dibagian mesin. Kejadian ini kerap ditemui oleh motor yang sudah berumur 5 tahun lebih. Penggunaan setiap hari menyebabkan banyak komponen. Haus dan memanas sehingga banyak terjadi perubahan celah disetiap sambungan antar bagian mesin.

image

Ada tetesan oli !!

Kejadian sama kepada Honda Vario penulis. Hmmm.. menyebalkan? Tentu saja, tapi memaklumi juga. Usia sudah tua motor keluaran tahun 2008 dan masih belum turun mesin. Cuma bocoran ini terlihat di dekat rumah CVT tepatnya bagian puli belakang.

image

Di bagian saluran pipaa yang ditutup karet

Ada tetesan cukup banyak cuma ketika diam tidak ada kebocoran, ketika dinyalakan dengan sedikit di gas baru ada tetesan sedikit. Ada bayangan kalau sil oli kruk as bocor. Tapi jika dianalisa kalau sil oli kruk as jauh di depan puli roller.

Tapi sesuai diagram katalog part ada satu sil yaitu sil rumah gir final di belakang puli kampas ganda. Disini ada sil as dimana juga terdapat oli gir. Oke.. daripada penasaran. Dibuka rumah CVT dan mulai terlihat apa yang terselip di kebocorannya.

image

Terbongkar ruma CVT ada indikasi lokasi tetesan oli

image

Tuh tersangkanya sil oli as gir final ke puli belakang.

Setelah semua diketahui, langsung beli sil nya dengan mencopot dahulu sil-nya. Cukup mudah dengan mencongkel obeng minus tipis. Tapi dilakukan perlahan-lahan agar tidak ada kerusakan yang lainnya. Jangan lupa bawa contoh sil tadi ke toko sparepart. Dan bilang saja sil as dekat puli buat sil oli girboks vario cw110. Dan cocokan ukurannya dengan contoh yang dibawa.

Setelah itu silahkan pasang sil-nya dan ketika mau menekan dengan palu atau ujung kunci T pakai bantalan sil yang lama agar tidak merusak sil yang baru. Selesai terpasang sil-nya tinggal pasang kembali puli belakang. Oiya, Persiapan yang dibutuhkaan adalah kunci T8, obeng minus, kunci pembuka ring puli, daan kunci khusus pembuka puli belakang (berbeda dengan kunci khusus pembuka puli depan). Ini penulis kerjakan di bengkel, jadi kunci cukup lengkap. Dan belum kasih gambaran detail cara bukanya. Maklum terfokus sama bocor olinya..🙂

Semoga bermanfaat artikelnya.

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
Image | This entry was posted in motor. Bookmark the permalink.

7 Responses to Bocor.. Bocor.. Oli ku Bocor..!!!

  1. andri says:

    Punya q dah ganti seal tp msh tetap bocor gan..mobon solusinya

    Like

  2. Salsa says:

    Klo bocornya di dekat standar 2 . itu apanya ya?

    Like

    • abaydmz says:

      Saya jg lg bocor distandar 2 persisnya dibawah kipas, udah cek kop silinder ga bocor. Jadi di sinyalir sil magnet, tutup drain oli bawah atau sil pompa air. Lg ditelusuri nih. Blm sempat bongkar lagi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s