Pembaharuan Part 3 Piece Slider Honda Vario

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Salam Bikers Nusantara,

3 Piece Slider

3 Piece Slider kalau saya boleh sebut. Part ini adalah semacam 3 buah terbuat dari karet keras yang berfungsi melindungi benturan antara rumah roller dan tutup rumah roller. Kecil namun mengesalkan jika benar-benar sudah aus (rusak -red). Biasanya terdengar bunyi klok-klok sama persis seperti menggunakan roller aftermarket. Karena ada gap kecil yang menyebabkan bunyi jika pada saat stationer (idle) dan lepas gas ketika mencapai putaran stasioner (idle). Hanya hilang ketika digas putaran kisaran diatas  2000rpm.

diantara Rumah Roller dan Tutup Roller

diantara Rumah Roller dan Tutup Roller

Sebelumnya saya pernah membeli 4 tahun belakangan. Part yang satu ini berwarna hitam (dahulunya berwarna hitam pekat sebelum update yang sekarang).  Dan ketika dipasang selalu bunyi setelah berjalan lebih 500km. Putar otak sana-sini akhirnya digunakan semacam selotip pipa air yang mana membuat gap lebih sedikit dan itu berfungsi walau hanya sementara. Penggantian kembali menggunakan selotip pipa ini mencapai usia perawatan per 20.000km. Usaha ini cukup berhasil, tapi pengen coba beli baru apakah sudah ada perubahan dari pihak Honda.

Revisi Part 3 Piece Slider

Revisi Part 3 Piece Slider

Dan akhirnya memang sudah ada perubahan berwarna putih krem. Bahannya seperti plastik, beda dari sebelumnya campuran plastik dan karet. Dan segera di pasang klop dan gap sekarang lebih rapat. Setelah semua dirapihkan, dan dijalankan sudah tidak terdengar lagi. Sekarang sudah 3 hari menggunakannya dan belum terlihat masalah bunyi kembali. Sepertinya ada perbaikan lebih baik di komponen bagian ini. Bisa saja keluhan dari berbagai konsumen dan sudah diperbaiki dengan cukup baik. Well Done HGP, Keep the good works..!!

Semoga Bermanfaat,

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
Image | This entry was posted in motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Pembaharuan Part 3 Piece Slider Honda Vario

  1. Pingback: [ Tips N Trik ] Akalin 3 Piece Slide | Suka Motor

  2. abie says:

    kira kira berapa tahun bro baru ganti komponen ini? vario saya tahun 2012 sampai skrg 2015 blm ganti apa gak kenapa napa? kalau di gas sekilas ada kayak bunyi krek krek tapi kedengerannya klo di samping mobil/tembok,kalau jalanan kosong/samping motor gga kedengeran

    Like

    • abaydmz says:

      bunyi krek-krek kalau sudah bunyi aja om biasanya sehabis lepas gas atau ngengas dipelintir cukup cepat, tapi kalau diganti masih bunyi biasanya karena pakai roller aftermarket suka sedikit longgar dari rumah laher.
      Kalau bunyi krek kedengaran di tembok saya juga sering itu biasanya pas dijalan, gejala bearing/laher di bak puli dan laher puli cvt belakang udah kering/minta ganti. bunyi krek-krek seperti rantai kering begitu yah ?

      Like

      • abie says:

        Maaf om agak lama,sy jarang browsing soalnya,iya betul sekali om,bunyi krek kreknya seperti rantai kering. agak halus bunyinya(cuma kedengeran kalo pas disamping mobil atau disamping tembok,maklum suka lewat gang sempit om hhe)

        om itu bearing/laher bak pulley dan laher/bearing puli dua komponen bearing yg sama apa memang ada dua bearingnya?

        oiya om tadi bilang bunyi krek sering kalo dijalan,berarti varionya om juga kena bearing bak puli apa cuma bearing puli?

        Like

      • abaydmz says:

        kalo bearing bak puli biasanya habis ngebut nih, dilepas gak bunyi nguing mirip suara cvt yamaha mas, tp coba dahulu ganti. dan lumasin puli belakang/ kalau masih bunyi yg dikhawatirkan sama kayak kasus saya bering as roda (girbok blkg as roda) itu mesti ganti semua.
        emang agak ribet tandanya biasanya distandar 2 ga bunyi, tp begitu kena beban di bawa jalan baru ketahuan bunyi. Yang parahnya ganti gigi girbok krn udah tua mirip kasus gigi ronsel tiger yg gampang bunyi kelamaan jam terbang. semoga membantu mas.

        Like

  3. abie says:

    waduhh,ribet juga ya masbro,mas ini saya ada rencana ganti choke (cuk) otomatis di deket karbu,soalnya bengkel pinggir jalan ada yg ngasal masangnya,jadi per sama karetnya agak rusak,nah sempet browsing tadi ada yg ori sama kw,rencana mau ganti yg kw,itu katanya bedanya ori sama kw cuma di sensitivitas sama thermostatic coilnya

    nah pertanyaan saya maksudnya sensitivitas & thermostatic coil di choke(cuk) matic yg KW opo yo mass? maturnuwun🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s