AKHIR COMBUSTION ENGINE PADA MOTOR ??

Salam Bikers Indonesia,

Sebuah judul dan pertanyaan yang cukup menggelitik namun syarat makna besar perubahan bagi lingkungan dan olahraga. Kita mengetahui isu lingkungan hidup merupakan hal krusial di awal milenium. Hingga sekarang perkembangan isu ini masih tinggi mengingat tingkat pencemaran lingkungan di belahan dunia masih banyak.

Adalah pengurangan Emisi Karbon, yang merebak di kalangan industri, tak terlepas dalam dunia industri Otomotif. Untuk Kalangan Industri otomotif roda dua, sudah mulai dipertunjukan teknologi yang membuat kendaraan lebih ramah lingkungan.

Tantangan insinyur mesin membuat mesin ramah lingkungan menjadi hal penting dan kunci memegang jalur market penjualan dan “brand image” sebagai pembuat mesin ramah lingkungan. Namun disisi lain pengenalan teknologi ini dengan mewujudkan di lingkungan balap. Kenapa hal demikian dilakukan ? mengingat dengan kemampuan yang di kondisikan dalam keadaan lingkungan yang ekstrim akan membuktikan kemampuan teknologi tersebut.

Sudah lazim kita melihat penerapan teknologi di MotoGp yg dikembangkan dan sedikit demi sedikit diaplikasikan ke kendaraan roda dua masal. Demikian dengan penemuan Motor Elektrik.

Yap.. Motor Elektrik adalah mesin motor masa depan yang dikembangkan akhir-akhir ini. Terlepas masih keterbatasan sumber tenaga (fuel-cell) baterei penyimpanan sebagai sumber tenaga. Namun keadaan ini tidak membuat patah semangat bagi pabrikan untuk meneliti lebih lanjut teknologi tersebut.

Motor elektrik terkenal lemah tenaga ??. Hmm Sebaiknya anda berpikir ulang. Coba lihat di kejuaran ISLE MAN OF TT dengan kategori lomba balap TT ZERO. yang mana event ini menggunakan teknologi mesin elektrik. dan kecepatannya bisa mencapai rata-rata 90-100 Mph. Cukup gila bukan untuk sebuah ukuran motor listrik.

Pengembangan masih bersifat prototipe dan penelitian ini lebih ke arah pengembangan ke produksi masal. Adapun lomba balap ini diikuti oleh tim MotoCzysz E1pc (menjuarai di tahun 2010-2013), lalu ada Honda mugen Shinde yang juga Tuner terkenal honda yaitu Mugen mengembangkan bersama Honda Inggris (HONDA UK) menjadikan puncak kemenangan 2 posisi juara satu dan dua di kejuaraan TT Zero di tahun 2014.

Dan juga tak main-main, pengembangan lainnya diikuti oleh tim OHIO STATE UNIVERSITY (RW-2x), KINGSTON UNIVERSITY, BRUNEL UNIVERSITY. Riset yang melibatkan universitas ini yang menjadikan perlombaan menarik. Disini kita melihat kemampuan para akademisi mahasiswa calon ilmuwan dan ahli permesinan menyatu bekerjasama membangun dan meneliti teknologi baru.

Buah dari kesimpulan tulisan penulis adalah mudah mudahan artikel ini membawa inspirasi bagi calon mahasiswa, peneliti dan lembaga pendidikan universitas membawa kesempatan untuk berpartisipasi dalam membuat teknologi yang baru, ramah lingkungan dan tepat guna. Bagaimanapun juga sudah banyak peneliti dan ilmuwan Indonesia yang sangat dikenal oleh negara-negara di dunia.

Sebagai suguhan terakhir tulisan saya, boleh buffer dahulu Mugen Shinden yang mencapai top-speed 117.366Mph dikendarai oleh John McGuinness di TT Zero 2014

Sumber  :

– YOUTUBE.COM

– http://mugeneuro.com/uncategorized/2014-isle-man-tt-race-team

http://en.wikipedia.org/wiki/TT_Zero

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
Image | This entry was posted in intermezzo & inspirasi, motor and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s