[special tool] Pemutus Rantai Ukuran Kecil

Salam bikers,

chain pin remover (small)Kenal dengan alat ini ??

Bagi kalian yag senang otak-atik (modifikasi) mesin motor pasti mengenal cukup baik. Yah, alat ini sangat bermanfaat bagi mekanik yang suka modifikasi mesin secara ekstrem.  Kenapa penulis bilang ekstrem karena dengan alat ini membantu dalam memanjang maupun memendekkan rantai yang berukuran kecil. Alat ini biasa dikenal alat pemotong rantai keteng (cam chain).  Dalam bidang Drag Race biasa terkenal di Indonesia memodifikasi dengan memanjangkan langkah piston (stroke). Jika pemanjang langkah maka terjadi perubahan yang sangat drastis baik dari panjang blok silinder, con-rod (setang piston), kruk as, maupun rantai keteng (khususnya mesin 4 tak). Kendala terbesar bagi modifikasi mesin 4 tak salah satunya adalah perubahan langkah yang menyebabkan perubahan panjang rantai keteng. Biasanya perubahan bisa memadupadankan dengan rantai keteng motor lain seperti mesin CB dengan mesin GL pada honda (penulis hanya mengenal varian ini karena banyak digunakan dan paling mudah di tukar silang). Tetapi jika motor lain, maka alat ini sangat cocok utk digunakan.

CFV50237Sebagai penjelasan, (Insya Allah lebih singkat -red), terdapat dua sisi kanan dan kiri. Setiap sisi ada fungsi pembuka, yang mana melepaskan pin rantai.

Contoh ada pada gambar di samping kanan ->>

Disisi ini terdapat 2 baut dengan 1 baut sebagai dudukan penusuk pin dan 1 baut dengan lubang yg kalau dibuka terlihat bolong.

Sisi PerangkaiDisisi lainnya sebagai penutup, yang mana merangkai kembali pin rantai keteng.

<– Contoh terlihat pada gambar di samping kiri

Pada sisi ini, terdapat 1 pin disertai baut kecil dan per serta dudukan baut besar; dan 1 baut besar dengan cekungan kecil yang tidak menembus. Dimana pada sisi ini merangkai sehingga bisa disusun kembali.

Berikut Gambar alat yang saya baru beli, kebetulan dibeli merek Grip On yang cukup murah berkisar Rp 80.000,- dengan ekstra cadangan pin remover-nya.

CFV50235

 

CFV50240

 

 

 

 

 

 

Karena Brand ini yang baru penulis temukan dan alatnya cukup baik. Untuk saat ini penulis belum menemukan jenis Tekiro, Ken Master, Atau Sekelas Snap-On-Go Tools yang terkenal sebagai alat bengkel profesional. Toh alat ini sedikitnya bisa mengakomodir kebutuhan kalau digunakan dalam memendekkan atau memanjangkan rantai keteng.

PERHATIAN..!! Sebagai saran memotong rantai keteng sangat beresiko bisa putus. HARAP DI INGAT ..!! penggunaan ini penulis lebih menyarankan digunakan pada Drag Race saja, karena jarak lintasan pendek dan resiko bisa di perkecil. Dan penulis tidak bertanggung jawab dari penggunaan alat ini jika digunakan untuk memodifikasi rantai keteng sehingga penggunaannya sebagai keperluan sehari-hari pada motor anda apalagi digunakan pada event BALAPAN LIAR (TIDAK RESMI). Penulis hanya menyampaikan referensi alat khusus dan fungsi alat ini bukan untuk main-main sehingga harus ditangani oleh yang ahli serta mengerti dalam hal mesin motor.

 

 

 

About Dimzy101

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in motor and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to [special tool] Pemutus Rantai Ukuran Kecil

  1. awansanblog says:

    ehm lumayan ni bisa buat nyambung rantai keteng, kebetulan rencana mau stroke up 9mm, kalo pake rantai keteng tiger standar kurang panjang 😀

    Like

  2. TiCtAc says:

    ikut nyimak ndan

    Like

  3. prastz says:

    Belinya dmn gan? ada no telponya gak?

    Like

  4. asep says:

    ndan bisa buat nyambung drive chain gak.

    Like

Leave a comment