Optimalkan Suspensi depan Vario versi OMR Yuk

Image

Suspensi merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan bermotor. Sehubungan dengan kerusakan sil (seal -red) shockbreaker maka kebocoran oli shock dapat mempengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara. Beruntungnya karena adanya kebocoran oli di suspensi depan vario motor saudara saya, maka sekalian diperbaiki dan di optimalkan dengan murah meriah versi balapan OMR. Ingat.. bukan untuk diergunakan balapan dijalan raya, akan tetapi hanya mengoptimalkan sehingga ketika menikung tidak terlalu melimbung.

Dengan modal membeli Oli shock murah meriah dan sil shock kanan-kiri cukup murah untuk membelinya. Karena menggunakan original agak sedikit mahal dengan harga Rp 30.000,- utk kiri / kanan. Sedangkan olinya hmmm… tidak usah dibayangkan dengan Rp. 8000,- yah cukup untuk ukuran dijalan raya. Biasanya yang agak mahal adalah ongkos pengerjaan minimal seharga uang Rokok lebih dikit ( 20rb lah paling murah). Cuma karena dibengkel teman yang sudah kenal lama jadi ya gratisan, Dengan bermodalkan membeli makan siang gratis. 

Membuka cukup agak sulit jika dilakukan pada motor vario karena bentuk shock depan ukuran kecil dan baut-baut yang tersembunyi. Hal pertama adalah melepas roda depan lalu melepaskan baut pegangan shock yang berhimpitan dengan spakbor dan sayap depan bagian depan. Hati-hati untuk mengendurkan baut tersebut karena akan melukai atau baut dapat patah. Namun anda tidak perlu melepas spakbor depan. karena masih ada sedikit celah.

Setelah terlepas silahkan lepas baut L (segi enam) yang berada dibawah tabung. Setelah itu lepaskan as shock dengan tabung shock. Biasanya dikerjakan secara satu persatu. Dimana setelah lepas saya dengan bantuan teman tentunya, membersihkan tabung terlebih dahulu dengan melepas penutup debu dan sil shock yg sudah rusak. Hati-hati jangan sampai melukai pinggiran dudukan sil yang berada di tabung shock dalam nanti akan menambah kebocoran oli kembali ketika di pasang.

Untuk pembersihan tabung berbeda dengan as shock, Yang mana Tabung cukup dibersihkan dengan kain. Sebaiknya beli kain perca di toko material kalau tidak punya.dan harus yang bersih, Karena sebagian kain yang bersih digunakan untuk mengelap as roda untuk menghindari gores kecil.

Image

 ImageImage

Pembersihan Tabung Shock cukup menggunakan kain tanpa menggunakan bensin (atau cairan pembersih apapun itu. Hal ini menghindari macetnya as shock, ketika digunakan. Teman saya sudah pernah mengalaminya. Tapi Jika memang metode anda berbeda ya silahkan saja, hanya saja menghindar lebih baik daripada terjadi hal demikian.

ImageSetelah bersih pasang sil shock. Awas jangan terbalik karena bisa menyebabkan kebocoran. Tandanya ada garis tengah bagian keatas, sedangkan untuk bagian sisi dalam SIl shock ada semacam seperti bentuk payung mengarah ke bawah tabung shock bukan ke atas -dibagian sisi dalam sil tersebut. Jangan lupa setelah pasang sil, dipasang klip penahan sil.

** tips : pemasangan sil menggunakan laher / bering bekas yang seukuran lingkar dudukan tidak menggores maupun terlalu kendor. dan jangan sampai per yang berada didalam sil shok menjadi rusak atau melengkung sedikit karena akan menyebabkan kebocoran juga. Istilahnya Ngeri-ngeri Sedap.. (pinjam isilah politikus terkenal -red). Kemudian pasang penutup debu dengan menggunakan tangan saja biar dtidak mudah rusak.

Setelah itu silahkan membersihkan as shock beserta tabung suling dan per dengan menggunakan bensin (cairan pembersih oli apa saja) dan pasang kembali. Setelah semua bersih silahkan rangkai kembali dan pasang satukan as shock berikut tabung suling dan per kemudian pasang ke tabung shock sebelumnya.

ImageImage

Oh iya sekedar mengingatkan ada kesulitan membuka baut L dibawah tabung shock, Coba silahkan diganti seperti saya karena sempat membukanya dengan sulit sehingga menggunakan mata L dengan obeng getok 

Image

 

Image

Semua dirangkai kembali, tiba saatnya menset oli, Saya lupa takaran oli untuk Shock depan vario sekitar 50-60 cc. Tetapi karena tidak ada gelas ukur dan menggunakan oli shock murah masih cukup aman. Ada banyak oli shock yang digunakan, kalau menggunakan Oli SHowa biasanya 10-15 cc lebih banyak dari standar, sedangkan menggunakan oli samping 2 tak (oli pelumas di mesin 2 tak bukan untuk oli girbok tapi oli yang masuk ke ruang bakar) ini biasa digunakan untuk kenyamanan dan empuk. Nah teman saya merekomendasikan menggunakan oli biasa tapi takaran disesuaikan dengan lekukan paling atas as shock.

Caranya dengan menurunkan As Shock sampai terlihat PER lalu masukan oli sehingga terlihat oli menyentuh ke lekukan paling bawah khususnya bagian sisi dalam. Ini terlihat agak sedikit rumit karena ruang berdekatan dengan per, sehingga dibutuhkan penerangan yang cukup terlihat.  Metode ini digunakan oleh teman saya yang mengikuti kelas OMR matic race yang cukup murah namun sedikit perbaikan dalam mengkoreksi kemudi ketika menikung

 

Image

Jenis Olinya (bukan promosi tapi ini paling cocok menurut hasil uji coba saya)

Image

Turunkan as shock akan terlihat PER lalu perlahan masukan oli hingga batas lengkungan bawah bukan yang atas

Image

sisa oli shock, tidak ada gelas ukur sejadinya dan ternyata pas setelannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah semua selesai pasang kembali semuanya dan silahkan dicoba. Untuk Cara seperti ini beberapa ada sisi kelemahan diantaranya :

  • Kenyamanan sedikit berkurang karena suspensi menjadi keras sedikit.
  • Kemudi lebih cepat bereaksi sehingga perlu kehati-hatian jika belum terbiasa apalagi komstir tidak dibuat berat / menggunakan steering damper
  • Pada saat dijalan yang bergeleombang akan terasa seperti pelek roda peyang tidak bundar dan sedikit sensitif jika ada perbedaan tinggi jalan pada aspal.
  • Kemampuan kekuatan sil menahan tekanan oli yang sudah diperbanyak bisa berkurang karena takaran sudah tidak standar sehingga tekanan di tabung shock menjadi lebih besar.
  • Harus diselaraskan dengan shockbreaker belakang yang masih bagus apalagi diganti dengan part aftermarket

Kemudahan mengkoreksi dan kestabilan menikung (tentu dalam batasan wajar di jalan raya) cara ini cukup efektif dibandingkan mengganti per yang belum tentu cocok dengan kenyaman berkendara dijalan raya. Jika memang anda suka nyaman maka saya tidak merekomendasikan cara ini. Tetapi jika ingin mengoptimalkan setidaknya cukup efektif  cara tersebut. dan oli yang digunakan tidak terlalu encer namun tidak kental, pas kalau boleh dikatakan. Sehingga bagi pribadi saya masih dalam kategori ditoleransi selama tidak ada lubang dijalan / bergelombang yang cukup banyak. Semoga Trik ini cukup membantu bagi anda

KEEP SAFETY FIRST AND RESPECT OTHERS

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
This entry was posted in motor and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Optimalkan Suspensi depan Vario versi OMR Yuk

  1. Brayan Adem says:

    ya dokter, saya mau nanya, penjepit sok depan vario cbs yg custom DIMANA BELINYA. Karena ban depan akan saya ganti dg ban uk 120,maka penjepitnya mesti diganti..kata mereka. TOLONG YAAH

    Like

  2. gan,, emang bisa tabung sulingya di buka,, pdhal kan nggk ada buat kunci L..
    adanya yg di tbung bawah doang,,

    lalu gmna,, apakah hrus dibalik klo mau pasang lagii …

    Like

  3. Mas ulin says:

    Mau tanya om,, skok vario setelah saya ganti pake tabung variasi kok jadi keras,, tp kalo gm di genjot pake badan empuk…. minta solusinya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s