CB 400 SF Motor Touring, Teknologi Hyper Vtec

Image Begitu banyak motor besar yang membuat anda meneteskan air liur, Namun motor besar ini hanya dapat menelan ludah saja, terlebih kondisi biaya pajak impor barang mewah yang melebihi 100%. Namun akhir-akhir ini banyak penikmat kendaraan roda dua membeli melalui Importir Umum. Sedikit yang menggunakan motor besar, yang umumnya mempunyai pendapatan besar (boleh dikatakan cukup mampu/berada). Terlepas akan hal ini, boleh lah kita menyenangi dan mengagumi saja.  terlebih karena uang memang ada tetapi uang mencapai tahap mampu membelinya belum terealisasi..

Salah satu yang membuat kagum akan teknologi motor salah satunya pada mesin Honda CB 400 Super Four. Banyak sekali motor yang lebih baik teknologinya dibandingkan motor hanya 4 silinder bervolume 400 cc. Hal yang mengagumkan dari mesin ini adalah mesin sekecil 400cc disematkan teknologi HyperVtec. Bukankah mubasir mesin sekecil ini disematkan teknologi tersebut?? bukankah pada mesin Honda VFR juga disematkan teknologi HyperVtec juga ?? Lalu untuk apakah disematkan jika hanya untuk efesiensi saja. ??

Melihat sejarahnya CB400SF disejajarkan sebagai Motor serbaguna, ringan dan sebagai motor pemula karena kemampuan handling motor yang mudah.  Lalu Pada tahun 1999 disematkan teknologi HyperVtec yang berfungsi untuk mengefesiensikan antara power & economical. Memang sejak awal dari penjelasan seperti link yang saya buat, sistem ini digunakan untuk mengoptimalkan putaran bawah dan menengah. Dimana pada saat putaran bawah menengah menggunakan hanya 2 klep melintang pada tiap silinder. Ketika mencapai putaran tinggi baru sistem mengaktifkan 4 klep seluruhnya. Kemampuan ini menjadikan efesiensi bahan bakar dan tenaga tersalur dengan efektif.

Baru pada tahun 2002 disematkan HyperVtec Spec 2 yang disempurnakan lebih baik. Penyempurnaan ini ditetapkan pada sistem aktif pada putaran 6.300rpm hingga 6700rpm. Sedangakn pada Desember 2013 penyempurnaan kembali dilakukan menjadi HyperVtec SPEC 3, perbedaan pada gigi akhir (gear 6) klep bekerja pada 6300 – 6750rpm mulai aktif 4 klep untuk kecepatan jelajah yang tinggi. Selain itu Sistem ini lebih kompak dibandingkan dengan sistem VTEC pada kendaraan mobil honda.

Alasan penggunaan CB400SF disematkan pengatur klep ini masih menjadi tanda tanya kenapa tidak disematkan kepada honda seri Sport seperti CBR atau VTR ?? saja jadi nyaman dipakai harian juga beringas di putaran atas. Hingga kini kekaguman pada teknologi ini serasa ingin menjajal atau mengendarainya. Namun berhubung Uang tidak mencukupi atau tidak punyai koneksi untuk test drive hanya membuat angan-angan. Padahal selama ini hanya pernah mencoba mobil honda yang menggunakan VTEC dan iVTEC saja. Itupun sudah terasa mengerikan pada putaran diatas 6000rpm pada kendaraan roda empat. Meskipun CB400SF terbatas pada kecepatan topspeed dibawah 200km/jam (versi youtube). Secara keseluruhan motor ini menjadi decak kagum bagi saya pribadi. Pertanyaan dibenak saya, Apakah ini juga merupakan kerjaan iseng pihak R&D Honda motorcycle sekaligus puncak pembuktian teknologi pengaturan klep motor honda disematkan pada motor yang hanya bervolume 4 x 100cc (ukuran sangat kecil menurut saya) ??

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan email : abaydmz@gmail.com
Image | This entry was posted in motor and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s