Sudah lama belum mengupdate blog ini. Berhubung sebagai pengguna motor Tiger tahun 94 yang cukup tua (limpahan dari kakak saya) maka ingin membagi pengalaman seputar rantai keteng Tiger.
Suku cadang ini sangat mudah sekali bermasalah. Sudah hampir 6 bulan sekali saya harus menggantinya dan ini yang terakhir saya baru ganti. Rantai Keteng Tiger terkenal mudah melar (istilahnya-red) khususnya buatan lokal. Seperti contoh gambar disamping. –>
Untuk suku cadang berkode RKM pada dinding rantai keteng (maaf lupa diambil gambar), mudah memanjang (mulur-red) sehingga membuat gejala rantai berisik selain tentunya Lift Tensioner Assy.. yang juga mudah lemah dibagian pernya.
Berhubung teman saya juga menggunakan tiger 2000, sempat bertanya ke beliau dan akhirnya menyarankan kode HC92R yang buatan Jepang. Dan Harganya cukup tidak bersahabat. Memang sebelumnya sudah niat beli Original berkode HC92R. Langsung membeli suku cadang dibilangan Batas Ciledug -dikenal pusat onderdil motor-, akhirnya ditawarkan buatan Thailand. Sebenarnya niatan untuk membeli buatan Jepang toh akhirya saya mencoba beli. Hal yang membuat saya tertarik adalah diberitahukan kepada penjual bahwa ini lapis 4. Persis seperti rantai keteng pada motor gede.
Akhirnya beli lah dengan tertera kode yg berbeda kalo lokal dengan thailand punya. Dengan bungkusan yg saya kira berbeda dengan AHM, ternyata ada label Honda Genuine Part. Entah asli atau label KW1. Yah setidaknya dicoba toh motor jarang buat ngebut sampai diatas 90km/jam mengingat jalanan Jakarta macet.
Setelah dibuka penampakannya memang ternyata 4 lapis persis kata penjual. dan tertera tulisan label DID. Padahal pernah melihat merek DID di internet tapi entah itu memang 4 lapis atau bukan. Toh coba browsing kodenya “14401-KBB-901” tertulis part untuk honda XL200 versi eropa yang mana untuk motor sudah keluar sekitar tahun 89 s/d 92 (cukup tua memang). Memang terlihat lebih lebar dan dicoba girnya ternyata duduk dengan pas. Hanya kalo digeser sedikit bergerak ke kanan-kiri
Penampakan ini agak sedikit kurang meyakinkan, Dengan mengucapkan bismillah, dan terpasang dengan klop, Sebenarnya yang dikhawatirkan adalah rantai keteng dengan gir noken bagian atas akan mudah berbunyi. Dan ternyata bunyinya yang terjadi dibagian bawah. Perkiraan bagian di gigi sentrik dekat kruk as. Problem masih mengeluarkan kricik-kricik tapi tak separah yang sebelumnya.
Dengan kombinasi pengubahan LAT (Lift Assy Tensioner-red) yang dimodifikasi agak sedikit menonjol mengurangi gejala berisik mesti tak sepenuhnya hilang. Namun boleh diakui dengan sedikit bentakan gas tidak mudah kendur seperti lapis 2 standar pabrik.
Toh Suara berisik tidak jadi permasalahan bagi saya. Karena kadung sayang dengan ini motor. Meski banyak kekurangan wajar setelah pemakaian hampir mendekati 19 tahun (tahun 94 hingga tahun 2013), tenaga dan posisi mengemudi masih sangat nyaman untuk ukuran tahun 94. Memang tidak dapat dibandingkan dengan motor2 yang sudah modern. Toh karena hobi motor makanya tetap kadung sayang dengan ini motor jenis apappun itu, yang penting anda menyukai dan menyalurkan hobi yang secara positif tentunya.
mas abay…mau tanya dong pusat onderdil batas ciledug dekat mana ya…
klo dari arah cipulir….
LikeLike
saya cari di Abadi Motor & direkomen saya si punya toko, Semoga membantu
LikeLike
Maaf lama membalas, karena lg banyak kerjaan di kantor
LikeLike
Saya beli yang 160rb sekitar 4 atau 5 tahun lalu alhamdulillah masih awet2 aja Mas. Padahal udah 2,5 tahun ini motor dipake PP kuliah sekitar 60km/hari…
Motor juga tahun 94, limpahan dari bokap. Itu motor umurnya cuma beda setahun sama saya 😀
LikeLike
Sebenarnya ini pertama kali keluar akhir tahun tapi baru keterima diawal tahun 1994. sekarang coba pakai 4lapis krn sudah mesti diganti
LikeLike
kalo boleh tau yang 4 lapis harganya berapaan Mas?
LikeLike
Harganya saya beli 120rban thailand punya. Cek aja mas siapa tau harga jadi lebih murah.
LikeLike
Murah itu Mas… Dulu saya beli AHM yang bagus punya 160rb, sekarang sih katanya udah hampir 200rb. Kalo make AHM yang dibawah 100rb mah bentaran aja udah melar lagi…
LikeLike
Iyah mas. Dicoba aja siapa tau cocok.
LikeLike
Ni tigi dah mulai rewel, brisik, kalo yang lapis 4 masi jarang yo mas? Ga tau nih di purwokerto ada apa ga, tengkyu share nya..
LikeLike
Wah kalo itu blum tau tersedia pak. Saya dptnya di abadi motor, batas ciledug. Nanti kalo ada nomor telpnya saya berikan. Kali aja bisa pengiriman kesana
LikeLike
Ijin copas gambar ya .. 🙂
LikeLike
Silahkan saja bro
LikeLike
Pingback: Rantai kamrat/keteng tiger asli lokal kurang awet? | Smartfaiz
megapro ku pake yang asli,, harga 180 rebuan itu,, tapi memang sudah carinya,, trus ada alternatif pnya suzuki thunder 125, asikkk 😀
LikeLike
Bwt thundie 125 sama panjangnya tidak dgn rantai keteng tiger. ?
LikeLike
keknya beda beberapa mata gitu om,, kan strokenya panjangan tiger
LikeLike
Iya jg. Setahu Saya Sih jumlah102 Mata bwt tiger tp Kalo gl lebih sedikit. Kurang tau persisnya. Kalau thunder cocok bwt tiger bagus buat alternatif jg pas tentunya
LikeLike
gl 1600 kalau ndak salah 100 pas
LikeLike
Yak benar, 100 mata rantai
LikeLike
rantai kamrat thunder sama ukuran dengan gl pro neotech/mega pro, kalo dipake tiger nggak bisa hehe
LikeLike
Walah. Alternatifnya pakai apalagi mas..
LikeLike
Wah, telat..
baru tahu sekarang..
Udah terlanjur dijual motornya..
LikeLike
Wah anda kurang beruntung. Hehe
LikeLike
pake yng ahm asli jepang aja mas walau mahal tapi awet, boleh coba pakai ahm thailand tapi ya gitu dehh paling lammmaaaa 2 tahun sudah wajib ganti
LikeLike
Mau nya sih mas, tp lagi pgn coba yg 4 lapis seberapa lama awetnya
LikeLike
Salam satu hati,
Aku pake kamrat cb/gl100,skalian gir sentrik atas bawah, tp lat nya di potong 1cm,
Motor kya baru lg
LikeLike
Banyak mesti ganti dan bongkar sentrik bawah sedikit ribet jg. Tp kalo memang nyaman dengan cara itu Gpp. Bagus jg buat referensinya.
LikeLike
ciledug daerah mn mas.motor sy honda cbx 400 83 butuh rantai keteng tp gak tahu beli dimn
LikeLike
Di ciledug batas (bates) kalo dari arah cipulir lewatin univ budi luhur. Ada pusat onderdil motor cari toko mitra abadi motor. Semoga membantu
LikeLike
selain diciledug apa ada juga rantai keteng 4 lapis
diotista kampung melayu..thanks
LikeLike
Kurang tau bro, soalnya belum pernah beli disana. Itu jg beruntung dapatnya didaerah ciledug.
LikeLike
kamrat tiger yg import.kok bungkusnya made in indonesia yaaaa?
LikeLike
Import yg mana ? Yg asli jepang? Kalau itu krh tahu yah
LikeLike
Bos mau dong Keteng tiger 4 lapisnya, utk tigi ane thn 96 nih…lmyan tuir juga???
LikeLike
Ada kemarin di toko aneka di “batas ciledug” pusat onderdil motor setelah melewati univ budi luhur dari arah kebayoran
LikeLike
Boss..
Untuk beli Timming Chain tersebut.. Belinya di Toko apa yah..?
Trus harga nya berapa..
Trims Infonya..
Salam Brotherhood.. 😉
LikeLike
Di toko aneka dekat batas ciledug (pusat belanja onderdil di cikedug)
LikeLike
Klo di daerah Surabaya..
Ada yang tau belinya di daerah mana..?
Trus untuk Jaya Abadi..
Ada yg punya no. Telp dan alamatnya kah..?
Please Japri ke :
081803187548
Trims bantuan infonya..
LikeLike
Klo di daerah Surabaya..
Ada yang tau belinya di daerah mana..?
Trus untuk Jaya Abadi..
Ada yg punya no. Telp dan alamatnya kah..?
Please Japri ke :
081803187548
Trims bantuan infonya..
LikeLike
Maaf salah sblmnya harusnya aneka bukan jaya abadi. Blum sempat kesana lagi. Jd blum dpt nomor telp
LikeLike
harga berapaan masss
LikeLike
Wkt thn 2013 beli 140rb. Kurang tahu skrg brp. Belum beli lagi
LikeLike
Pingback: [info sumber toko spare part] Rantai Keteng 4 Lapis Honda Tiger 2000 | Suka Motor
Pingback: [info sumber toko spare part] Rantai Keteng 4 Lapis Honda Tiger 2000 | Suka Motor
Pingback: [info sumber toko spare part] Rantai Keteng 4 Lapis Honda Tiger 2000 - OTOMOTIF | OTOMOTIF
Klo ane punya saran jangan beli di Aneka……..sedikit lewat gapura bates ada toko sparepart Cineng motor……ktanya sih keaslian barangnya lebih teruji dari pada Aneka…..bravo
LikeLike
Cineng juga bagus dan asli mas, dia memang bnyk part ori honda khususnya cbr dan nsr, tp kadang harus pesan dahulu.
LikeLike
Motor bebek Rante keteng 4 lapis juga ada (SHOGUN110) punya ane dr th 97 rante keteng msh asli ada huruf M
LikeLike
Ada ya mas? Asli bawaan pabrik atau bgn
LikeLike
knapa g pesen k mas abay aja, sp tau bisa ngirimin gt? hhee, lumayan kan mas buat bisnis sampingan, toh bnyak yang cari jg tuh, trmasuk sy. hhaa,
LikeLike
Heheh emang mau pesan brp mas ? Contact saya ke akbar.mjd@gmail.com saja dulu. Soalnya banyakan dikantor nanti saya coba belikan.
LikeLike
kl bs sy mo pesen 1 aja mas,.
LikeLike
Insya Allah saya orderin
LikeLike
Mas kalau mau, saya sudah ada stok satu tuh. Mo kontak ke email saya saja. Jika benar2 mau
LikeLike
mas tiger saya taun 2001,dimesin ada suara tek…tek..tek… gitu mas,dan kalo mesin tiba-tiba mati ada bunyi cetak kenceng banget itu kenapa ya?motor tidur selama 4 bulan dan baru ganti oli,mohon pencerahnnya mas
LikeLike
Pernah kejadian begitu tp dgr suara tek tek tek kalo digas tiba2 biasanya daerah seputar rantai keteng, bisa kekencangan tensioner / kendor. Kalo bunyi cetak tiba2 mati wah kurang tau mas, ada pernah mati gara2 pake tensioner modifan terlalu kencang jd susah hidup mesinnya. Tp bisa masalah di daerah rmh kopling jg. Emang ga bisa kasih jawaban pasti. Sudah pernah tanya di forum tiger ? Mgkn ada yg bisa bantu
LikeLike
terima kasih ulasannya, aku semakin tambah pengetahuan tentang rantai keteng tiger.
kalau agan ada yang masih mencari rantai keteng tiger model kupu-kupu asli Thailand. Aku ada stok untuk yang tipe 2×3 maupun 3×4 panjang 102 DID Thailand
silakan hub: 08121079680. maaf sedikit promo. agar teman-teman dapat barang yang ASLI dan harga ekonomis
LikeLiked by 1 person
Monggo bagi yg mau pesan
LikeLike
motor sy tiger th 2006,kadang rantai ketengnya bunyi,tpi kadang2….
itu kira2 ckup distel doanx apa minta gnti,
klo gnti kira2 yg bgus pke ap & hrga brp?
LikeLike
Penyakit tiger emang bunyi mas, biasanya tensioner. Anehnya klo dikencengin malah susah hidup. Klo pake atandar ori sebulan bisa bunyi lagi. Tp slm mengganggu kinerja mesin gpp mas. Emang begitu bawaannya
LikeLike
permisi saya mau ikut nanya seputar motor tiger,
motor ane tiger 2000 thn 2005 kalo di tikungan itu ga bisa belok miring, kalo di paksain jadi kaya mau kpleset, dan kalo di jalan yg sambungan atau jalan agak miring sama kaya mau jatoh,,, mohon pencerahannya….thx
LikeLike
banyak faktor gan, bisa jadi segitiga, dan sasis melintir. Pernah jatuh tidak ? dan ban dengan profil bukan seperti balap, tp sebenarnya ban macam tipis bisa juga sih belok, teman saya berani pakai ban cacing di skutik belok dengan kemiringan 30-40 derajat. Apa bung Irnanto pernah merebahkan motor sampai jatuh sebelumnya?
LikeLike
ini saya jual gan DID 4 lapis ori japan harga 170rbu udah sama ongkir
sama tensioner racing 180rbu
089697412235
nama FB saya
Faisal Abdullah Habibie
lokasi cianjur jabar
LikeLike
ada part lainnya juga untuk macan monggo mampir https://www.facebook.com/faisal.a.habibie
LikeLiked by 1 person
Kalo buat tiger tahun 2004 bisa apa enggak mas
LikeLike
Bisa, Selama basisnya mesin tiger dan gak ubah stroke mas.
LikeLike
mas mau tanya? rantai ketengnya kuat berapa lama mas? apa sampai sekarang masih menggunakan rantai keteng DID Ini?
LikeLike
pemakaian dalam kota lebih dr 1thn. Kalau luar kota kurang tahu. Krn pemakaian saya cuma dlm kota aja.
LikeLike
owwh begitu yah, lumayan lah dari pada beli yg AHM kw dulu beli setiap 3 bulan ganti, terakhir beli rantai merk did 2 lapis tapi asli jepang, dulu sekitar 200rb tp sekarang dah susah dapetin yg asli jepang kebanyakan yg thailand punya
LikeLike
Kalau asli jepang bukannya skrg diatas 350rb ? biasanya di honda dewi sartika jakarta timur. Dealer utama. Kalau stok kosong ya pesen dahulu,
LikeLike
kalo sekarang mungkin sudah mahal, saya terakhir beli di tahun 2011-an dan baru mau diganti sekarang karena udah mulai berisik rantai ketengnya 🙂 , dan saya beli bukan asli bawaan AHM DID, tapi dari produk asli DID sendiri, seperti ini gambarnya 🙂
cuma itu dia saya sekarang baru tau ada yang model 3 lapis dan 4 lapis 🙂 makanya saya nimbrung di sini 🙂 , karena saya belum pernah ganti rantai keteng lagi dari 2011 🙂 dan pemakaian juga hanya dalam kota saja 🙂
LikeLike
Hehehe bagus donk kalau did jepang asli. Sepertinya kebanyakan produk thailand krn segi harga jd lebih murah
LikeLike
mo tnya itu gir timingnya g perlu di ganti kan y,klo mo pake 3 atau 4 lapis?Soal performa gmn gan pake rantai 4 lapisnya?info2 ane jg niat mo pake yg 3 lapis D.I.D
LikeLike
Tidak usah diganti om. Sudah pake ga ada kendala.
LikeLike
Performa pakai dalam kota aja masih awet, kalau buat turing belum coba kalau 3lapis itu kyk gmn? Dptnya cobanya yg seperti itu (4lapis) om.
LikeLike
saya baru liat2 di BL sama TP ada yg 3 lapis,pakai ORI lokal keteng suka bunyi 1 bulanan.Kalau pake ini 4 lapis alus ga mesinya?
LikeLike
seperti bunyi standar dari pabrik, gak halus gak juga kasar, cuma masalahnya di tensioner aja mas, jadi bawaan tensioner kalau kurang keras begitu di gas tiba2 suka klotok2 sementara terus hilang. tetapi kekerasan juga ga bagus bikin susah hidup kalau starter awal. Harus modifikasi tensioner (banyak diforum tinggal cocoknya yg mana). kalau saya pakai tensioner standar pabrikan jadi suka gonta-ganti 3-4bulan sekali.
LikeLike
Maaf mas, mau tanya. Kamrat 4 lapis dan gear set nya apa masih ada? Kalo pesen 2 biji kamrat 4 lapis tiger dan 1 set gear nya, jatuhnya berapa mas untuk sampai di surabaya? Maturnuwun mas.
LikeLike
kamrat 4lapis terakhir saya beli 90rb mas, murahkan ? untuk gir masih pakai yg asli bawaan motor
kalau ongkir kurang tahu, itungannya 1kg kurang, pakai JNE reguler / kilat liat saja di jne
LikeLike
Apa bisa order seperti diatas mas? kalo bisa tolong di email harga sampai ke surabaya nya. Tolong di E-Mail ke …djoko_prianto@yahoo.com….maturnuwun mas.
LikeLike
Om..di daerah cikarang yg jual kamrat tiger 4 lapis di mana ya??
LikeLike
kalau cikarang kurang tahu mas, kalau di daerah ciledug ada didaerah “batas”
ada di toko aneka motor lihat di link artikel saya di ->
LikeLike
permisi Pak saya mau ikutan nanya saya juga baru aja ganti rantai keteng serinya HC92RH katanya sih import tapi kok di labelnya tertera made in Indonesia secara fisik saya cek sama persis seperti lo M dan rantai berwarna hitam itu original kah atau KW yah ? klo bicara harga sih di bawah yang katanya genuine japan sampe dengan 350 rb yah ? ini saya beli 220rb baru seminggu terpasang sih jadi blm bisa kasih testimoni mengenai endurancenya terima kasih atas sharingnya.
LikeLike
wah kalau KW atau tidak saya kurang tahu om,
ok om, semoga awet
LikeLike
Yg ada kode berhuruf “M” (Morse) itu bisa jadi stock lawas mas.. Tp kl sy dulu dapat dr pihak “insider” kemasannya loose-pack, hny pakai bungkus plastik polos warna kuning transparan.. Fisiknya sama persis seperti rantai keteng saat motor (tiger) baru keluar dari pabrik.. Warna memang gelap/hitam dgn kode berhuruf “M” pada rantainya.. Pengalaman pribadi lifetime endurance nya kurang lebih sekitar 3 tahunan.. Motor sy keluaran 2009, baru efektif terpakai 2010, dgn jarak tempuh rata-rata 70km/hari.. kecepatan rata-rata 60-80km/jam.. Pola stop&go sedikit krn jalur antar-kota, bukan dalam kota.. Pola driving asedikit agresif.. Penggantian oli rata-rata per jarak 1500km.. Penggantian terakhir sy di tahun 2013, dan tepat di hari ini sy posting sdh keluar tanda-tanda utk penggantian berikutnya..
Kali ini sy ingin mencoba produk chain cam DID versi Thailand. DID Jepang memang membangun pabrik baru di Thailand utk market Asia, pastinya demi alasan production-cost. Kebetulan jg sudah ada 2 main-importir utk Indonesia. Ada yg bisa sharing mengenai lifetime endurance chain cam DID versi Thailand ini?
LikeLike
saya pribadi sudah pakai ini yng logo DID om, lumayan 1 tahunberjalan kuat untuk stop n go, cuma yang lemah tensioner aja. jadi pakai tambahan besi kuningan di ujungnya biar kuat nonjok
LikeLike
Mas out the topic, baut naikin perform matic Scoopy, roller Dan fanbelt ,pake punya apa ya
LikeLike
roller gak naikin performa om, fungsinya buat akselerasi (roller massa ringan) atau top speed (biasanya roller massa berat). fanbelt asli honda matic itu paling kuat loh mas standarnya. cukup standar aja. Kalau mau naikin performa kebanyakan di boreup atau oversize + porting polish atau perubahan di seputar ruang bakar dan noken as. semoga membantu
LikeLike
Ok pak. Tetap standard saja kalo gitu, hehehe
LikeLiked by 1 person
untuk merek Roller kebanyakan saya pribadi pakai CLD atau KTC kadang pakai daytona, kalau BRT susah dapatnya didaerah saya
LikeLike
Memang kalo roller bawaan PABRIKAN(HONDA) kurang baik ya untuk performance. Sehingga pake aftermarket brt ,LCD ,ktc.
Kalo untuk fanbelt tetap bawaan PABRIKAN ya mas broo ,yg ori ,lebih kuat
LikeLike
pabrikab sediain berat gramnya cuma itu aja om. Misalnya 13gram ya segitu aja. Kalau suka akselerasi banyak ambil 10gram atau 9gram tp pabrikan ga sediain makanya ambil produk aftermarket. Hehe
LikeLike
Yup fansbelt ori kuat kok om.
LikeLike
Terima kasih mas informasinya… Betul mas tensioner sy jg sdh waktunya ganti, kebetulan sdh ngebekel yg after market.. Waah kl DID Thailand seandainya bisa tahan paling tidak 2 tahun sesuai rutinitas saya (syukur-syukur bisa lebih), Ketimbang Morse, brarti price-perform nya ada di DID Thailand nih..
Morse = 170rb = 3 Tahun = 50rb-an km.
DID Thailand = 110rb = 1 + ? Tahun.= ? km
Patut dicoba!
Betul, roller hanya mengubah pola putaran mesin saja, dalam hal ini akselerasi. Untuk peningkatan performa boleh dibilang tidak berpengaruh secara keseluruhan. O iya, kalau ingin cari fanbelt dengan kualitas setara Geninue Parts namun harga lebih murah, produk OEM seperti merk BANDO atau MITSUBOSHI bisa dijadikan alternatif. Scoopy dan Beat berada dalam satu ukuran (spesifikasi) yang sama. Agar awet sebaiknya diberikan pelumas silikon pada karet fanbelt-nya secara berkala.
LikeLike
fansbelt bando dan mitsuboshi belum pernah coba om. Alhamdulillah awet honda lama om, asal jgn cvt kemasukan air kayak beat fi saya jadi mulur kurang enak. TAPI ada ilmu kepepet nih diterapin wkt balapan mio, fanbelt-nya di cuci sikat halus pelan-pelan pakai rinso terus jemur sampai benar2 kering lalu pakai. enak lagi. itu pernah dilakuin wkt balapan funrace disentul. kuat lentur dan seperti baru. CUMA itu bener2 Ilmu KEPEPET ya om. bukan buat harian. ekekek 😀
LikeLike
Motor ane tiger 2011 revo warna merah joss lah…tapi akhir ane pkai 3 mpe 4 taonan masalah keluh kesah mulai hinggap…hemmm dr rantai berisik…trus tonjokan rantai kamprat sering masuk jd g nonjok alhasil bunyi kayak mesin g ada olienya…tanya temen2 eh ganti baut setelan stasioner alhasil joss lagi…3 bln k depan eh kambuh lagi pas di jln hemm ane kethok aja tu stasioner…nyala lg tp ketinggal bunyi tek tek agak kenceng ane paksain jln mpe rmh…alhasil g nyampe rmh ehh mesin mati kyak rntai keteng lepas….hemm ane titipin di teman minta anter temen pulang..
Minta solusinya gan…dlm benak ane bakalan butuh dna gede ni kyaknya…
LikeLike
waduh serem om sampai ga nyala begitu, ngeri nonjok klep tuh piston kalau rante keteng lepas.
biasanya emang penyakit tiger om, rantai keteng sama tensioner, saya aja solusinya cuma nambah pipa kuningan seukuran diameter tonjokan tensioner asli, palingan beli tensioner lepas tonjokan pasang dibaru (tonjokan yang di modif).
Banyak komunitas cb lebih suka pake model baut, udah kendor trus ditonjok lagi dengan muter baut, manual sih tapi awet om. Solusi masalah rantai keteng begitu om. Semoga Membantu
LikeLike
Nih om modifikasi tonjokan tensioner saya enaknya tuh tonjokan bisa dilepas tapi ati2 masang di rumah tensioner yang baru
https://www.instagram.com/p/e7pIZGLhv0/?taken-by=dimzy101
LikeLike
Pingback: PRODUCT KNOWLEDGE : MOTORCYCLE – Jurnal179