Vario Terjang Banjir, Cek Motor Lansung

BBMALL.COM

Kereta Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Mainan Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Baju Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online

 

banjirHujan yang mengguyur kota Jakarta 2 hari yang lalu menyebabkan kelumpuhan di sejumlah tempat sekitaran jakarta. Banyak kendaraan baik motor dan mobil berusaha menerjang banjir. padahal harus pintar pintar mencari celah bagaimana melewati banjir. Alih-alih lolos dari maut jebakan air banjir malah jadi buntung karena kendaraan mogok. Fatalnya lagi kerusakan kendaraan karena terjadinya efek “Water Hammer“. Kalau sudah begini siap-siap merogoh kantong yang cukup dalam untuk memperbaiki kendaraan anda. Belum lagi waktu yang terbuang jika stok barang harus inden.

Kalau motor mogok setelah banjir sebaiknya menguras mangkok karburator (motor injeksi cek socket-soket kabel sensor/ sensor item rusak, konslet atau tidak). Bagi yang lolos dari jebakan banjir, segera cek motor anda. Berhubung penulis juga lolos dari mogok karena menerjang banjir hingga tiga kali, dengan segera cek kondisi kendaraan pada saat sampai dirumah. Belum sempat ke bengkel karena waktu dan kondisi keuangan yang kurang, maka untuk sementara saya kerjakan dirumah. Motor ssaya berjenis Matik untungnya belum mati bahkan sempat dicoba dengan mematikan motor tunggu 10 menit lalu dinyalakan kembali (terkadang ada kasus lewat banjir tidak mogok kemudian pas dimatiin lalu dinyalakan kembali malah tidak bisa). Mungkin Penulis memberikan tips sedikit karena pernah pengalaman menerjang banjir dengan motor dan mesin yang sama kejadian 2 tahun yang lalu.  Dimana karburator aman dari air, tetapi diselang pembuangan kotak airbox filter terdapat air dan rumah CVT kering serta berkarat merah akibat air menyusup masuk.

Karena pernah ada pengalaman seperti ini. Penulis mau berbagi pengalaman sekaligus memeriksa akibat menerjang banjir 2 hari yang lalu. Pertama buka tutup rumah CVT (kebetulan motor pribadi Honda Vario CW tahun 2008) cek apa ada air yang masuk biasanya ada tanda seperti kerak berwarna merah atau air bercampur gemuk. Untungnya dicek CVTnya masih bersih kering tidak ada jejak kemasukan air.

DSC_0105 DSC_0104 DSC_0107 DSC_0100

Ketika membuka baut-baut CVT ada baiknya sekalian memeriksa selang pembuangan air dari kotak airbox filter. Hal ini untuk mengetahui apa ada air menyelinap masuk melalu corong udara. Kalau tidak berarti motor cukup aman.

DSC_0101 DSC_0103

Selain itu cek busi juga apakah ada tanda-tanda kebasahan karena air.  Meski sifatnya kecil jumlah airnya, ini berbahaya jika sampai terjadi WaterHammer diruang bakar motor anda. Patut disyukuri kalau busi motor saya masih bagus dengan kering tidak basah karena kebanjiran air, kelebihan bensin atau kebocoran oli. Karena diujung busi node berwarna coklat tidak terlalu muda dan tua. Menandakan kinerja sudah cukup bagus (pembakaran dapat juga dicek menggunakan alat pengukur emisi gas karena lebih akurat).

DSC_0112 DSC_0111

DSC_0110DSC_0109

 Sebagai catatan membuka rumah CVT menggunakan kunci model sok ukuran 8 (lebih dianjurkan menggunakan “kunci T 8“). Sedangkan membuka klem dan body plastik penutup mesin menggunakan obeng plus “+”. Dan membuka serta membersihkan menggunakan kunci busi bawaan motor waktu beli atau boleh kunci busi mobil kepala kecil yang fleksibel seperti huruf ” T “. Cukup mudah bukan, cuma lebih baik sebelum bongkar didiamkan hingga mesin tidak panas, lalu dicuci baru kemudian dibongkar. Itu Beberapa tips yang tidak terlalu rumit, tidak memakan cukup waktu yang banyak dan bukan yang berat seperti pemeriksaan lebih lanjut. Lain waktu kalau tidak terpaksa jangan menerjang banjir adalah pilihan terbaik.

Semoga Bermanfaat tips dari saya.

About these ads

About abaydmz

Suka Motor dan segala hal teknologi Terus belajar dan berdoa Sampai ke liang lahat Kritik dan Saran silahkan ke abaydmz@gmail.com
This entry was posted in motor and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s